Koran Jakarta | September 15 2019
No Comments
Pesta Olah Raga l Warga Diminta Gunakan Kendaraan Bersama Selama Asian Games

Uji Coba Perluasan Ganjil Genap Mulai 2 Juli

Uji Coba Perluasan Ganjil Genap Mulai 2 Juli

Foto : Sumber: Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Polda Metro Jaya
A   A   A   Pengaturan Font

Selama satu bulan Pemprov DKI Jakarta akan mengujicoba perluasan ganjil genap di beberapa ruas jalan Ibu Kota.

 

JAKARTA - Warga Jakarta dan sekitarnya diminta menggunakan kendaraan bersama selama Asian Games 2018. Sehingga, volume kendaraan di Jakarta akan menurun dan kemacetan semakin berkurang.

“Usul saya warga melihat info tinggal buka telepon seluler bisa diakses, sehingga tidak kaget. Kalau bisa, menggunakan kendaraan bersama sehingga mengurangi volume kendaraan (di jalanan),” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan, usai meninjau kesiapan Asian Games, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jum’at (29/6).

Pada 2-31 Juli nanti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengujicoba perluasan ganjil genap di beberapa ruas jalan Ibu Kota. Lalu, perluasan ganjil genap akan mulai diberlakukan pada 1 Agustus 2018 mukai Senin sampai Minggu, dari pukul 06.00 – 21.00 WIB.

“Warga antisipasi saja ganjil genap ini, kita mulai Juli sebagai pemanasan, tadi juga kita diskusikan. Ini bertahap, instruksinya yah. Ini fase pembelajaran bukan penegakan aturan hukum. (Penegakan hukum) itu nanti Agustus,” katanya.

Untuk menunjang kelancaran mobilitas atlet dan official Asian Games ini, pihaknya penerapan kebijakan traffic management agar waktu tempuh dari Wisma Atlet ke delapan lokasi atau venue pertandingan Asian Games bisa dicapai optimal sesuai standard Olympic Council of Asia (OCA), yakni maksimal 34 menit.

“Jika atlet dan official datang terlambat di venue, berakibat fatal dan dapat didiskualifikasi. Jadi, dari Wisma Atlet ada delapan lokasi yang perlu dijangkau,” katanya.

Namun, terdapat tiga venue yang waktu tempuhnya lebih dari 30 menit dari Wisma Atlet Kemayoran tanpa kemacetan, karena jaraknya yang memang cukup jauh. Ketiga lokasi pertandingan tersebut, yaitu di Pondok Indah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Cibubur. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta menyarankan agar atlet menginap di penginapan terdekat dengan lokasi atau venue tersebut.

“Untuk cabang (olahraga) Golf di Pondok Indah, untuk Pencak Silat di TMII, dan di Cibubur. Mengapa? Karena itu tadi Wisma Atlet ke lapangan golf itu jaraknya 41,5 kilometer. Kemudian, ke Cibubur jaraknya 39 kilometer dan ke Padepokan Pencak Silat itu jaraknya 29 kilometer. Yang tiga itu memang tidak bisa dicapai 34 menit. Tetapi venue-venue lainnya, ke GBK, insya Allah bisa tercapai sesuai rencana,” jelasnya.

Kebijakan traffic management ini juga diterapkan dengan membuat jalur khusus di tol dan non tol. Rutenya adalah menggunakan tol dari Kemayoran naik ke tol langsung arah Barat maupun Timur. Pihaknya juga akan menyiapkan jalur alternatif di Gelora Bung Karno menggunakan non tol, yaitu dari Kemayoran ke arah Medan Merdeka, kemudian Sudirman-Thamrin.

“Dan perlu disampaikan, penataan Sudirman-Thamrin insya Allah akan tuntas sebelum tanggal 22 Juli, jalanan di Sudirman-Thamrin sudah lurus, rata dan rapi,” tegasnya.

Dalam peninjauan itu, Anies menemani Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ke venue BMX International Race di Pulomas, Jakarta Timur, venue Hoki dan Tennis Outdoor di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Turut hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Imam Nahrawi, Menkominfo Rudiantara, Ketua INASGOC Erick Thohir, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari, dan Wakapolri yang juga menjabat sebagai Ketua Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin.

Dalam kesempatan ini, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan, pembangunan venue-venue Asian Games akan rampung pada bulan depan. Jadwal yang ditargetkan pun tercapai sesuai dengan yang diharapkan, baik target infrastruktur maupun investasi.

“Tadi kita lihat venue BMX dan juga semua sudah siap untuk penyelenggaraan ini. Jadi, kami yakinkan semua venue siap. Beberapa penyiapan dari cabang itu sendiri akan berlangsung simulasinya, sehingga pada Agustus nanti kita akan cek lagi, (dan) akhir Juli bagaimana hasil uji coba yang dilalui. Termasuk (acara) pembukaan dan penutupan (Asian Games) juga dengan pelatihan-pelatihan,” ungkapnya.

 

pin/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment