Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments

Sensor Elektronik untuk Keamanan Bisnis Logistik

Sensor Elektronik untuk Keamanan Bisnis Logistik

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah penanda keamanan elektronik telah dikembangkan oleh para ilmuan di Technical Research Centre of Finland (VTT). Teknologi ini dapat digunakan untuk melindungi paket pengiriman berharga dan meningkatkan keamanan produk di masa depan.

Bekerjasama dengan UE sebagai mitra, VTT telah mengembangkan penanda keamanan elektronik, yang dapat digunakan untuk melindungi paket pengiriman berharga dan meningkatkan keamanan produk di masa depan.

Dengan menggunakan penanda keamanan yang dilengkapi dengan sensor ini maka, pengirim maupun penerima dapat memastikan, bahwa produk yang dikirimkan masih asli dan belum dirusak selama proses pengirim.

Sebelumnya, teknik pencetakan telah diterapkan untuk mengintegrasikan elektronik ke dalam label plastik saja, namun dengan metode VTT, maka memungkinkan untuk menghasilkan penanda keamanan berbasis kertas yang ramah lingkungan.

Kedua perusahaan logistik dan sektor ritel mencari metode baru untuk melindungi pengiriman, mencegah pemalsuan, dan memastikan bahwa produk tetap tidak terjemah selama transportasi. Dengan menggunakan teknologi roll-to-roll yang dikembangkan oleh VTT, sirkuit elektronik dan sensor dapat diintegrasikan langsung ke bahan yang berbeda dengan mencetak, sehingga menghasilkan tag keamanan baru untuk penyegelan pengiriman dan memverifikasi keaslian produk.

“Dengan bantuan teknologi roll-to-roll, VTT telah menerapkan elemen keamanan yang dapat digunakan untuk mengawasi integritas pengiriman. Mitra proyek kami telah memeriksa daur ulang elemen keamanan dan kelayakannya dalam rantai logistik, jadi kami sekarang memiliki paket fungsional di tangan kita,” kata Liisa Hakola, Ilmuwan Senior dari VTT, yang menggambarkan hasil proyek ROPAS yang didanai oleh UE.

“Dalam studinya, mitra proyek kami ITENE telah mendeteksi bahwa komponen yang digunakan dalam elemen keamanan memiliki pengaruh yang sangat kecil terhadap sifat optik dan mekanik dari serat daur ulang. Penggunaan tinta cetak konduktif juga sangat minim sehingga dampaknya hampir diabaikan,” kata Hakola.

Penanda keamanan terdiri dari penanda kertas dengan baterai tanam dan dua LED berwarna. Saat paket dibuka, lampu sinyal akan menunjukkan apakah kiriman telah dibuka lebih awal saat transportasi. Dalam proyek ROPAS, VTT menunjukkan bahwa teknologi rollto- roll untuk pencetakan elektronik juga sesuai dengan pembuatan tag keamanan berbasis kertas. Ini akan meningkatkan efisiensi biaya produksi, ramah lingkungan dan cocok untuk produksi massal. Kini konsorsium sedang mencari seseorang untuk mengadopsi teknologinya.

Dalam proyek tersebut, mitra sektor logistik Spanyol, Loginser menguji fungsionalitas penanda keamanan dalam pengirimannya sendiri. Penanda ini juga cocok untuk penggunaan perusahan diagnostik. nik/berbagai sumber/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment