Mesin Hibrida Kian Populer | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 10 2019
No Comments

Mesin Hibrida Kian Populer

Mesin Hibrida Kian Populer

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mobil dengan mesin hybrid (kombinasi mesin bahan bakar minyak dan listrik) bakal diproduksi massal di Indonesia. Fitur apa yang ditawarkan agen pemegang merek (APM) di produk mobil hibrida?

Indonesia mulai masuk era baru otomotif. Teknologi hybrid bakal meramaikan produksi mobil. Regulasi sudah digodok. Dengan dukungan regulas, teknologi hibrida akan bisa semakin murah dan popular di masa depan.

Ya, pecinta otomotif nasional akan bersiap menyambut hadirnya era baru mesin yang lebih ramah lingkungan ini. Beberapa APM otomotif telah marak mengenalkan hibrida.

Sebelum menuju mesin listrik murni yang masih menyisakan beberapa kekurangan, beberapa pabrikan menawarkan teknologi hibrida. Teknologi yang ditawarkan adalah jenis hybrid maupun plug in hybrid.

Hybrid atau hibrida adalah kombinasi mesin bakar dan motor listrik yang akan bergantian atau secara bersama menggerakkan mobil. Toyota Camry Hybrid, Alphard Hybrid, dan Prius Hybrid sudah mengadopsi teknologi ini.

Sementara Teknologi jenis plug in hybrid merupakan kombinasi antara mesin konvensional dengan motor listrik yang digerakkan dengan baterai listrik. Model ini diisi dengan cara dicas (plug in) seperti yang terdapat pada New Mercedes Benz E 300 e EQ Power yang tampil pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Bersama dengan Daihatsu, Honda memamerkan mobil jenis hibrida terbaru pada GIIAS 2019. Honda mengusung super car Honda NSX 2019 dengan teknologi Sport Hybrid. Sementara Daihatsu membawa Hy Fun yang diperkirakana akan menjadi pengganti MPV sejuta umat Xenia saat ini.

Honda NSX 2019 sebagai special display pada ajang itu memadukan rasa berkendara sebuah mobil sport dengan performa yang ramah lingkungan. Kendaraan dua pintu ini dibekali dengan tiga Motor Sport Hybrid dikombinasikan dengan mesin Twin-Turbocharged DOHC V6.

“Melalui display Honda NSX, Honda ingin menunjukkan teknologi Sport Hybrid Honda yang tidak hanya sejalan dengan tren untuk mobil-mobil yang lebih efisien dan ramah lingkungan, namun juga mempertahankan karakter khas Honda yang sporty,” sebut pihak manajemen Honda.

Tenaganya cukup berlimpah, yaitu sebesar 573 tenaga kuda. Akselerasinya telah disempurnakan melalui penciptaan Sport Hybrid SH-AWD (Super Handling All-Wheel Drive). Jadi, baik tenaga dari mesin konvendional dan listrik dapat bekerja bersama untuk menghasilkan akselerasi spontan.

Teknologi Sport Hybrid SH-AWD menggunakan motor listrik untuk membantu akselerasi, pengereman, dan menikung. Itu didukung dengan vektor torsi bertenaga listrik yang disediakan oleh Twin Motor Unit yang dipasang di depan.

NSX membawa teknologi Super Handling All-Wheel Drive ke dimensi baru dengan menggunakan distribusi torsi motor listrik yang dinamis. Hal itu membuat mesin seketika dan berkesinambungan untuk meningkatkan presisi penanganan dan kinerja menikung dalam semua situasi mengemudi.

Secara dimensi, mobil ini memiliki wheelbase 2.630 mm dengan panjang 4.470 mm dan lebar 2.217 mm dengan komponen sasis, ban dan penyetelan perangkat lunak yang telah dimodifikasi. Komposisi itu menghasilkan Honda NSX yang lebih responsif terhadap pengemudi untuk penggunaan harian hingga ke sirkuit.

Keseimbangan dan kendali Honda NSX juga telah meningkat sehingga memungkinkan pengemudi untuk lebih mengatur understeer dan oversteer dengan input throttle yang halus. Perubahan tersebut menghasilkan waktu putaran 2 detik lebih cepat dalam pengujian di Sirkuit Suzuka.

Sebagai sebuah model global, desain dan pengembangan unit daya Sport Hybrid pada NSX dilakukan di Tochigi, Jepang, sementara desain dan pengembangan pada bodi, sasis, kelistrikan serta desain interior dilakukan di Raymond, Ohio, Amerika Serikat.

Desain awal untuk NSX dilakukan di Wako, Jepang dan kemudian dikembangkan lagi untuk diproduksi oleh Acura Design Studio di Los Angeles, Amerika Serikat. Proses riset dan pengembangan dilakukan selama empat tahun dengan melakukan pengujian di jalanan dan sirkuit.

Tren Global

Sementara Hy Fun dari Daihatsu dipamerkan sebagai cara untuk mengetahui respons masyarakat terhadap kendaraan konsep hibrida ini. Apalagi di Indonesia pasar MPV begitu besar, sehingga pengembangan MPV hibrida yang irit dan lebih ramah lingkungan menjadi perhatian.

“Pada dasarnya tren dunia kan memang ke arah sana. Jadi kami ingin menunjukkan Daihatsu pun ingin mengikuti tren dunia. Bagaimana tanggapannya masyarakat Indonesia kita bisa lihat melalui acara ini,” kata Direktur Pemasaran PT Astara Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

Dari sisi tampilan mobil konsep hibrida Hy-Fun telihat futuristik, dengan mata yang menyipit. Sementara itu, bumper depan dibuat tajam dan dikombinasikan dengan model grup bertingkat yang semakin melebar pada bagian atas.

Kacanya seolah menyatu dari depan ke bekalang yang memperlua pandangan penumpangnya. Sementara pintunya menggunakan jenis geser atau sliding, yang berguna di area sempit. Kabinnya juga cukup lega, dengan atap tinggi. hay/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment