Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments
PORTOFOLIO

Akuntan Publik Berperan Penting di Pasar Modal

Akuntan Publik Berperan Penting di Pasar Modal

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) berperan penting bagi industri pasar modal. Bahkan, otoritas Bursa selalu merangkul akuntan public untuk bekerja sama dalam mendorong perusahaan untuk go public melalui penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

Senior Partner RSM Indonesia sekaligus salah satu kandidat Ketua Umum IAPI periode 2017-2021, Sapto Amal Damandari mengatakan persaingan akuntan publik, baik domestik maupun asing, sebenarnya cukup adil. Namun, terpenting lagi adalah menjaga kepercayaan atas hasil kerja akuntan. Untuk itu perlu dibuat panduan, standarisasi, dan etika.

“Semua jalan ke bisnis itu banyak sekali. Kita bisa kerja sama dengan Kadin, Hipmi, Kementerian BUMN, BUMN, dan perusahaan lainnya. Jadi tidak perlu bersaing secara tidak sehat dan khawatir masuknya akuntan publik asing,” ujar Satrio di Jakarta, Kamis (3/8). Dengan bersaing secara sehat maka pembagiannya akan rata disertai dengan kerja yang bagus.

Tinggal bagaimana kantor-kantor akuntan publik skala besar, menengah, dan kecil dapat bersinergi. Satrio berharap IAPI menjadi organisasi profesi yang berdaya di Indonesia melalui peningkatan kepercayaan publik kepada IAPI, baik di tingkatan nasional dam internasional.

Melakukan penguatan eksistensi IAPI sebagai organisasi profesi yang paling kredibel dalam memberikan masukan terkait standar dan profesi akuntan publik. 

 

yni/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment