Solusi Pintar untuk Mobilitas Terhubung | Koran Jakarta
Koran Jakarta | June 5 2020
No Comments

Solusi Pintar untuk Mobilitas Terhubung

Solusi Pintar untuk Mobilitas Terhubung

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Teknologi komunikasi akan membuat kendaraan semakin terkoneksi dan juga terotomastisasi. Pada ajang ConnectedWorld 2020 antara 19–20 Februari di Berlin, Bosch menghadirkan ragam kemutakhiran yang membuat kendaraan semakin pintar.

Bosch menciptakan komputasi unit kontrol kendaraan berkinerja tinggi hingga 1.000 kali lipat. Perangkat ini dibuat untuk kendaraan masa depan saat elektrifikasi, otomatisasi, dan konektivitas menjadi andalan.

“Bosch telah memproduksi komputer dengan kemampuan ini untuk pengemudian otomatis, powertrain, dan penggabungan sistem infotainment dan fungsi bantuan pengemudi,” kata Manager Corporate Communications Indonesia, Shinta Maryke, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/2).

Selain komputasi berkinerja tinggi, Bosch menawarkan solusi “Battery in the Cloud” untuk memperpanjang usia pakai aki mobil listrik. Fungsi perangkat lunak pintarnya akan menganalisis status aki berdasarkan data real time dari kendaraan kondisi sekeliling.

Perangkat lunak tersebut akan mengenali faktor-faktor yang memberatkan penggunaan aki. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, perangkat lunak kemudian memperhitungkan langkah-langkah yang dapat melawan penuaan sel baterai, seperti proses pengisian ulang daya yang lebih optimal lewat pengurangan keausan aki.

Dalam upaya mengurangi kerusakan baterai Bosch menciptakan “Convenience Charging”, solusi pengisian ulang daya dan navigasi terintegrasi. Solusi ini memungkinkan perkiraan jarak yang tepat, perencanaan rute yang melewati stasiun pengisian ulang daya, serta proses pengisian ulang daya dan pembayaran yang nyaman.

Bosch juga menghadirkan mobile fuel cells berupa sel bahan bakar yang ringan dan mudah dipindahkan. Teknologi ini memiliki kelebihan pada jarak tempuh yang jauh, waktu pengisian daya yang singkat, serta pengoperasian kendaraan yang bebas emisi karena fuel cells adalah proses mengubah hidrogen dan oksigen menjadi energi listrik.

Bosch berencana mengomersialkan sel bahan bakar ciptaannya itu yang telah disempurnakan bersama perusahaan Swedia, Powercell. Selain itu, Bosch juga sedang mengembangkan seluruh komponen utama sistem sel bahan bakar ke tahap siap produksi.

Pada sistem keselematan Bosch menawarkan Help Connect, sebuah produk-produk terhubung yang mampu menyelamatkan nyawa. Solusi ini berupa bantuan keselamtan secepatnya baik pada kondisi darutat baik di rumah, ketika sedang bersepeda, berolahraga, di dalam mobil, atau sedang mengendarai sepeda motor.

Solusi berupa aplikasi pada ponsel ini akan mengirimkan informasi penyelamat kepada layanan darurat melalui pusatpusat layanan Bosch. Solusi ini membutuhkan deteksi kecelakaan yang terotomatisasi, misalnya melalui sensor pada ponsel pintar atau sistem bantuan kendaraan.

Bosch telah menambahkan algoritma tubrukan pintar pada sensor akselerasi di sistem kontrol stabilitas sepeda motor MSC-nya. Bila sensor mendeteksi adanya kecelakaan, sensor akan langsung melaporkan kejadian tersebut ke aplikasi yang segera mengatur proses penyelamatan.

“Setelah pengguna mendaftar, solusi untuk penyelamatan nyawa ini dapat diaktifkan kapan dan di mana saja, secara otomatis di piranti terhubung, atau cukup dengan menekan satu tombol,” jelas Shinta.  hay/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment