Setop Penyebaran Militan Jadi Prioritas Singapura | Koran Jakarta
Koran Jakarta | July 4 2020
No Comments

Setop Penyebaran Militan Jadi Prioritas Singapura

Setop Penyebaran Militan Jadi Prioritas Singapura

Foto : REUTERS/Edgar Su
Pidato Balakrishnan I Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan berpidato dalam kuliah umum di Yusof Ishak Institute, Singapura, Selasa (5/12). Dalam pidato memperingati 50 tahun ASEAN, Menlu Balakrishnan menekankan perlunya kerja sama ASEAN dalam menyetop penyebaran militan ISIS di kawasan Asia tenggara.
A   A   A   Pengaturan Font

SINGAPURA – Negara-negara di Asia tenggara harus meningkatkan perlawanannya terhadap pergerakan militan keagamaan yang bercokol di masing-masing wilayahnya, termasuk yang ada di Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Pernyataan ini disampaikan Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, dalam kuliah terbuka di Yusof Ishak Institute, menyambut keketuaan Singapura di Association of South East Asian Nations (ASEAN), Selasa (5/12).

“Keruntuhan Islamic State (ISIS) di Timur Tengah dan penguasaan Kota Marawi di Filipina oleh simpatisan ISIS telah menyadarkan kita bahwa kawasan ASEAN akan jadi magnet bagi kelompok-kelompok militan,” kata Menlu Balakrishnan. “ISIS bukan hanya fenomena di kawasan Timur Tengah saja,” imbuh Menlu Singapura itu.

Negara-negara anggota ASEAN sendiri telah berjanji untuk meningkatkan kerja sama dan berbagi informasi intelijen untuk memberantas ancaman militansi. Salah satu bentuk keberhasilan kerja sama itu terjadi tahun lalu saat otoritas Indonesia berhasil menggagalkan rencana serangan kelompok militan di Singapura.  Rtr/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment