Senat AS Loloskan RUU Paket Stimulus USD 2 Triliun | Koran Jakarta
Koran Jakarta | June 5 2020
No Comments
Antisipasi Krisis

Senat AS Loloskan RUU Paket Stimulus USD 2 Triliun

Senat AS Loloskan RUU Paket Stimulus USD 2 Triliun

Foto : ALEX EDELMAN/AFP
USAI RAPAT I Pemimpin Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell meninggalkan Senat di Capitol, Washington DC, Rabu (25/3), usai rapat meloloskan RUU Paket Stimulus Penyelamatan Virus Korona.
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Senat Ame­rika Serikat (AS) dengan suara bulat meloloskan Rancangan Undang-Un­dang Paket Stimulus Penyelamatan Virus Korona senilai dua triliun dollar AS tepat sebelum Rabu (25/3) tengah malam.

Ketua DPR, Nancy Pelosi, menga­takan pihaknya akan segera meng­ambil alih langkah bersejarah ini un­tuk memastikan bantuan itu diterima oleh individu, bisnis kecil, dan per­usahaan besar. “Dengan dukungan bipartisan yang kuat,” ujarnya.

Rencananya, DPR AS (House of Rep­resentatives) akan melakukan voting se­cara tidak langsung pada Jumat (27/3) pagi waktu setempat mengingat anggo­tanya banyak di luar Washington.

Rancangan setebal 880 halaman itu merupakan bantuan ekonomi terbesar dalam sejarah AS. Pemimpin mayoritas Senat, Mitch McConnell, terlihat kele­lahan saat mengumumkan hasil pe­mungutan suara. Dia kemudian meli­burkan para senator dari Washington hingga 20 April, tapi berjanji akan me­manggil kembali jika diperlukan.

“96 suara banding 0 di Senat Ame­rika Serikat. Selamat Amerika,” cuit Presiden Donald Trump di Twitter.

Paket stimulus tersebut akan memberikan pembayaran langsung satu kali kepada setiap orang dewasa sebesar 1.200 dollar AS yang memiliki penghasilan hingga 75.000 dollar AS per tahun, dan 2.400 dollar AS untuk pasangan menikah dengan pengha­silan hingga 150.000 dollar AS, serta 500 dollar AS untuk setiap anak. Se­telah ambang batas 75.000 dollar AS untuk perorangan, nilainya akan berkurang lima dollar AS untuk setiap 100 dollar AS yang dibayarkan untuk pajak. Ambang 150.000 dollar AS se­rupa berlaku untuk setiap pasangan, dan ambang 112.500 dollar AS untuk para kepala rumah tangga.

RUU tersebut juga mengalokasikan 250 miliar dollar AS untuk memper­panjang asuransi pengangguran ke­pada lebih banyak pekerja, dan mem­perpanjang durasinya menjadi 39 minggu, dari sebelumnya 26 minggu. Tambahan 600 dollar AS per minggu akan diberikan selama empat bulan.

Korban Bertambah

Sementara itu, kematian akibat pandemi virus Covid-19 di Amerika telah mencapai 1.000 kasus sehingga menjadi tonggak suram global baru.

Menurut perhitungan yang dilaku­kan tim dari Universitas Johns Hop­kins, angka kematian di seluruh du­nia telah melewati 21.000 kasus, dan AS memiliki 1.050 kasus kematian dan hampir 70.000 kasus infeksi.

Sedangkan jumlah kematian di Spanyol telah meningkat melewati 3.400 kasus, melampaui Tiongkok yang menjadi lokasi pertama virus itu terdeteksi pada bulan Desember. Negara itu sekarang berada di urut­an kedua setelah Italia, yang memiliki 7.500 kasus kematian.

Seorang perawat di Rumah Sakit de la Paz, Madrid, Lidia Perera, me­ngatakan fasilitas dengan 1.000 ran­jang pasien itu membutuhkan lebih ba­nyak tenaga. “Kami ambruk,” katanya. AFP/SB/AR-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment