Presiden Puas Atas Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4 | Koran Jakarta
Koran Jakarta | June 5 2020
2 Comments
Infrastruktur Jalan

Presiden Puas Atas Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4

Presiden Puas Atas Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4

Foto : ANTARA/SIGID KURNIAWAN
TINJAU JALAN TOL I Rombongan Presiden Joko Widodo melintas saat meninjau perkembangan pembangunan Seksi IV jalan tol di Desa Indra Puri, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jumat (21/2).
A   A   A   Pengaturan Font

ACEH BESAR - Presiden Joko Widodo mengaku puas dengan pro­gres pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4, Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer, setelah meninjau langsung proyek yang juga menjadi salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) ini.

Alhamdulillah, ini 74 km pem­bebasan tanah berjalan dengan sa­ngat baik. Ini bagus. Ini baru 14 bulan loh mulai ground breaking ke sini. Ini cepat banget,” kata Presiden Jokowi disela-sela meninjau pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Be­sar, Provinsi Aceh, Jumat (21/2).

Presiden menuturkan, dengan dibangunnya tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam menjadi 1 jam perjalanan.

Ruas tol Banda Aceh-Sigli ini sendiri terbagi atas enam seksi yakni Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25,7 km, Seksi 2 Seulimeum-Jantho sepan­jang 6,3 km, Seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km, Seksi 4 Indrapuri- Blang Bintang sepanjang 13,5 km, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro sepanjang 7,7 km, dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam sepanjang 4,8 km.

“Dari 74 km kita investasi kira-kira 12 triliun, kita harapkan secepatnya selesai. Karena lahannya sudah ram­pung,” ucap Presiden.

Saat ditanya target selesai untuk seksi 4, Presiden minta langsung dita­nyakan ke Dirut Hutama Karya, Bin­tang Perbowo. “Sudah dijawab Pak Dirut, bisa. insyaallah bisa (lebaran selesai),” jawab Presiden. Bintang yang berada di samping Presiden pun ikut menganggukkan kepala.

Sementara itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono mengatakan bahwa untuk konstruksinya secara keseluruhan dari Banda Aceh ke Sigli, ditargetkan akan selesai pada bulan Maret 2021 sesuai kontrak. Namun, secara bertahap direncanakan akan selesai per seksi mulai pertengahan tahun 2020, tergantung dengan kece­patan pembebasan lahannya.

Tol Pekanbaru-Dumai

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga meninjau perkembangan pem­bangunan jalan tol ruas Pekanbaru- Dumai. Menurut Presiden, secara umum, pembangunan ruas tol se­panjang 131,48 kilometer tersebut te­lah mencapai kurang lebih 90 persen dan ditargetkan selesai sebelum mu­sim Lebaran 2020 ini.

“Ini panjang dari Pekanbaru sam­pai Dumai itu 131 kilometer. Kita harapkan nanti insyaallah akhir Ap­ril selesai dan bisa dipakai, sehing­ga saat Lebaran semuanya sudah bisa lewat di sini,” kata Presiden di Gerbang Tol Pekanbaru, Kecamatan Rumbai.

Presiden menuturkan, ruas tol tersebut terdiri atas dua seksi, yakni seksi 1 yang menghubungkan Pekan­baru-Minas, serta seksi 2 yang meng­hubungkan Minas-Dumai. “Jadi ka­lau dulu 4-5 jam, ini jadi paling 1,5 jam,” tutur Presiden. fdl/AR-3

Klik untuk print artikel

View Comments

sukiyaki
Sabtu 22/2/2020 | 03:08
yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys....
seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga,
banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa....
mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain..
<a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>
mayang
Sabtu 22/2/2020 | 03:07
sport165 juga memberikan banyak Promo Bonus Istimewa yang tiada duanya antara lain :
- Bonus New Member Up To 2 Jt
- Bonus Next Deposit Up To 1 Jt /hari (bisa BerXX)
- Bonus Cashback Mingguan 5%
- Bonus Rolling Mingguan Up To 0.8%
- Bonus TurnOver Poker Up To 0.6%
- Bonus Referral Up To 5%
- Dan masih Banyak Lagi
buruaan Join bola165,co dan juga banyak promo lainnya

Submit a Comment