Pendatang Baru di Segmen Compact SUV | Koran Jakarta
Koran Jakarta | July 4 2020
No Comments

Pendatang Baru di Segmen Compact SUV

Pendatang Baru di Segmen Compact SUV

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pada segmen SUV kompak akan hadir penghuni baru dari tiongkok. Mobil ini menawarkan fitur yang beragam untuk bersaing dengan para kompetitor

Honda HR-V sebagai penguasa pasar segmen SUV kompak sepertinya akan sedikit terusik dengan hadirnya merek pendatang baru dari Tiongkok yaitu MG Motor yang membawa MG ZS sebagai penantangnya. Merek asal Inggris yang kini berada di bawah SAIC Motor, akan diluncurkan secara resmi MG ZS pada Maret ini setelah diperkenalkan ke media pada Kamis (5/3).

“Peluncurannya kapan akan kami umumkan undangan resminya, segera,” kata Marketing & PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin, di Jakarta pada kesempatan tersebut. Sejauh ini Mobil yang akan bersaing dengan Honda HR-V, Hyundai Kona, dan Mazda CX-3 tersebut hanya dipamerkan begitu saja.

Media belum mendapatkan informasi lebih jauh tentang tipe, spesifikasi, dan juga harga yang akan dipasarkan di Indonesia. Sesuai yang dipasarkan di banyak negara dari sisi dimensi MG ZS memiliki panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, dan tinggi 1.611 mm dengan jarak sumbu roda 2,585 mm.

Sebagai mobil Eropa desainnya cukup elegan, dengan tampilan depan mirip dengan Mazda CX-3, serta grill sarang tawon yang cukup menawan. MG ZS terbaru pertama kali diperkenalkan pada Chengdu Motor Show 2019, dengan tampilan hampir sama dengan model sebelumnya. Jika pesaingnya HR-V menggunakan mesin 1,5 dan 1,8 liter SUV ini menggunakan mesin 1,3 liter turbo, dengan alasan agar harganya bisa bersaing apalagi mobil ini diimpor utuh.

Meski kapasitas mesinnya cukup kecil, namun sanggup memuntahkan kekuatan hingga mencapai 118 tenaga kuda dengan torsi maksimum mencapai 150 Nm. Tenaga disalurkan ke transmisi otomatis 6 percepatan. Ketika masuk ke dalam kabinnya cukup lega seperti mobil Eropa umumnya. Jok, setir, dan door trimnya terbuat dari bahan kulit sintetis. Sebagai mobil masa kini telah tersedia tombol start/stop di sebelah kiri setir. Tersedia juga layar MID semidigital, bentuk ventilasi AC bulat, seperti mobil Mini.

Pada bagian atap MG ZS telah dilengkapi panoramic sunroof, untuk melihat pemandangan di atasnya. Ini menjadi nilai tambah bagi pendatang baru ini karena Mazda CX 3 sebagai salah satu pesaingnya belum memiliki fitur ini. Untuk hiburan di perjalanan, tersedia sistem infotainment Apple CarPlay layar sentuh 8 inci, dengan sistem audio dari Yamaha 3D Soundfield, yang akan memanjakan telinga penumpangnya. Di pasar luar negeri MG ZS bahkan dibekali sistem pintar i-Smart dan juga L2 autopilot driving assistance system.

Sistem keamanan MG ZS versi global cukup lengkap seperti enam kantung udara, sistem rem ABS dengan electronic brake force distribution (EBD), Emergency Brake Assist (EBA), Electronic Stability Program (ESP) dan Active Cornering Brake Control (CBC). Guna melindungi dari benturan samping terdapat side impact absorbent door padding (depan). Terdapat juga pretension and load-limiting front seat belts, seatbelt warning indicator lights, rear seat all with 3-point seatbelt, serta hill launch assist. Fitur keamanan anak berupa rear seat child restraint anchorage points, automatic door unlocking in accident. Peluang Pasar Seperti pada pesaing MG ZS dipasarkan untuk anak muda yang menyukai SUV kompak, yang harganya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan model SUV.

“Kami sudah melakukan survei terkait dengan pasar di Indonesia. Dan saya rasa peluangnya bagus,” kata Direktur Pelaksana MG Motor Indonesia, Figo Lee. Di tengah kondisi ekonomi yang kurang menggembirakan, Lee yakin produk MG ZS bakal diterima dengan baik oleh masyarakat di Indonesia, karena pasar otomotif di Indonesia cukup menjanjikan.

Lee mengatakan cara yang akan dilakukan untuk menarik konsumen adalah dengan membangun kesan terhadap merek yang memang sudah cukup terkenal terutama di Inggris. Selain itu MG Motor akan membangun jaringan penjualan dan bengkel, serta mengedepankan kualitas layanan servis kepada konsumen.

Menurut bocoran harga MG ZS tidak akan terpaut jauh dari para kompetitornya. Jika SUV kompak Honda HR-V termahalnya dijual 342 juta rupiah on the road Jakarta, maka kemungkinan mobil ini akan dipasarkan pada kisaran harga tersebut.

Di masa depan MG Motor berjanji akan memasarkan beberapa model yang dimiliki seperti MG3, MG5, MG6, MG ZS, MG HS, MG GS, MG GT, dan MG TF. Dengan demikian maka konsumen memiliki banyak pilihan dan semakin yakin dengan merek baru ini.  hay/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment