Pemunculan Wabah Flu Babi Baru Berpotensi Jadi Pandemi | Koran Jakarta
Koran Jakarta | July 4 2020
No Comments

Pemunculan Wabah Flu Babi Baru Berpotensi Jadi Pandemi

Pemunculan Wabah Flu Babi Baru Berpotensi Jadi Pandemi

Foto : AFP
Wabah Baru - Sejumlah babi yang ada dalam sebuah peternakan di Tiongkok disemprot dengan cairan desinfektan untuk mencegah terjadinya penyebaran flu babi. Sejumlah peneliti menyatakan kekhawatiran akan munculnya pandemi baru setelah mereka menemukan wabah flu babi baru yang amat ganas.
A   A   A   Pengaturan Font

 WASHINGTON DC - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal sains Amerika Serikat (AS), PNAS, edisi Senin (29/6) menuliskan bahwa wabah flu babi terbaru yang ditemukan peneliti dari Tiongkok bisa memicu timbulnya sebuah pandemi lagi.

“Wabah flu babi baru yang diberi nama G4 dan merupakan turunan genetis dari H1N1 yang jadi pandemi pada 2009. G4 ini memiliki semua hal untuk beradaptasi untuk menginfeksi manusia,” demikian laporan ilmuwan dari sejumlah universitas di Tiongkok dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok.

Sepanjang 2011-2018, ilmuwan telah mengambil sampel dari babi di rumah jagal dan rumah sakit hewan yang ada di 10 provinsi di Tiongkok. Hasilnya mereka bisa mengisolasi 179 virus flu babi. Baru pada 2016, para peneliti itu menemukan virus flu babi baru yang dominan diderita babi.

Dalam laporannya, peneliti menyebut bahwa G4 amat cepat menginfeksi, menirukan sel manusia dan menyebabkan gejala yang amat serius daripada jenis virus lainnya. Peneliti juga menyatakan imunitas manusia yang didapat dari flu biasa tak bisa mencegah infeksi dari G4. Dalam laporan itu diumumkan bahwa penular G4 dari hewan ke manusia telah terjadi, namun penularan G4 antar manusia masih belum dilaporkan. SB/AFP/I-1

 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment