Pemkot Montreal Setop Operasional Skuter Listrik | Koran Jakarta
Koran Jakarta | June 5 2020
No Comments
LINTAS NEGARA

Pemkot Montreal Setop Operasional Skuter Listrik

Pemkot Montreal Setop Operasional Skuter Listrik

Foto : AFP/John MACDOUGALL
Kenda raan Listrik l Seorang pesepeda melewati skuter listrik yang terparkir dekat monumen Bradenburg Gate, Berlin, Jerman, beberapa waktu lalu. Selain di Jerman, moda kendaraan listrik ini juga populer di Montreal, Kanada, namun saat ini dihentikan operasionalnya karena banyak pengendaranya yang melanggar aturan lalu lintas.
A   A   A   Pengaturan Font

MONTREAL – Pemerintah Kota Montreal, Kanada, pada Rabu (19/2) menghentikan operasional skuter listrik. Sejak diuji coba pengoperasian moda kendaraan listrik ini pada Juni lalu, sudah 680 unit skuter dan sepeda listrik mengas­pal di jalan-jalan kota itu.

“Uji coba pengoperasian skuter listrik ini gagal karena pengendaranya selalu melanggar aturan serta banyak yang parkir sembarangan,” kata Eric Alan Caldwell, kepala trans­portasi Montreal yang juga ketua penilai kelaikan moda kendaraan listrik ini. “Hanya 20 persen pengendara skuter listrik yang mematuhi aturan dan regulasi keamanan berk­endara seperti kewajiban menggenakan helm,” imbuh dia.

Dalam penyataannya, Caldwell menegaskan Montreal tak ingin membentuk pasukan polisi yang mengawasi mo­da kendaraan listrik ini dan operator skuter listrik dinilai te­lah gagal bertanggung jawab atas kepatuhan aturan berken­daran yang berlaku.

Dua operator penyewaan skuter listrik di Montreal, me­nyatakan kekecewaan atas penghentian program opera­sional skuter listrik ini dan menyebut penghentian ini se­bagai langkah mundur bagi mengentaskan kemacetan lalu lintas dan pengurangan emisi karbon.  SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment