Paku Alam VIII Diusulkan sebagai Pahlawan Nasional | Koran Jakarta
Koran Jakarta | June 5 2020
No Comments
Asprasi Masyarakat

Paku Alam VIII Diusulkan sebagai Pahlawan Nasional

Paku Alam VIII Diusulkan sebagai Pahlawan Nasional

Foto : ISTIMEWA
Paku Alam VIII
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Foruum Edukasi Rakyat Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengusulkan Sri Paku Alam VIII sebagai pahlawan nasional. Hal itu terungkap dalam Seminar Nasional di Jakarta Pusat pada Selasa (18/2).

Panitia pengusulan yang ini diketuai oleh Djagal. Wiseso Marseno, menyatakan bahwa, sesuai aspek historis dengan wacana tiga hal utama yang identik dengan Yogyakarta yaitu Sri Sultan HB X, KGPAA VIII dan Keistimewaan. Dalam perjalanannya Sri Sultan HB IX sudah dianugerahi gelar pahlawan dengan Keputusan Presiden. Dengan demikian sudah saatnya sosok KGPAA Paku Alam VIII memperoleh kesempatan sebagai bagian dari trisakti tersebut karena perannya dalam perjalanan sejarah bangsa.

“Hasil dari seminar ini merupakan bagian dari bahan naskah akademik yang dilengkapi dengan foto, penghargaan maupun dokumentasi yang diperlukan untuk verifikasi,” kata Djagal dalam rilis pers yang dikirimkan ke redaksi, kemarin.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mewakili Gubernur DIY menyitir ungkapan John F Kennedy, ‘Jangan tanyakan apa yang Negara Berikan Kepadamu, Tapi tanyakan apa yang Engkau Berikan kepada Negaramu” untuk menggambarkan sosok seorang Sri Paku Alam VIII pemimpin nomor dua di DIY, yang bekerja secara diam-diam dalam sunyi, tanpa pamrih dan selalu siap di belakang Sri Sultan Hamengku Buwono IX. YK/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment