KPU Surakarta Tambah 784 TPS untuk Pilkada | Koran Jakarta
Koran Jakarta | July 4 2020
No Comments
JEDA

KPU Surakarta Tambah 784 TPS untuk Pilkada

KPU Surakarta Tambah 784 TPS untuk Pilkada

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

SOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta bakal menambah 784 tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 sesuai dengan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Pelaksanaan Pilkada sesuai dengan protokol kesehatan, setiap TPS maksimal 400 pemilih. Sebelumnya, bisa mencapai 800 pemilih.

“Awalnya sebanyak 1.016 TPS. Akan tetapi, pelaksanaan sesuai dengan aturan protokol kesehatan Covid-19 ditambah menjadi 1.800 TPS. Kami sejak Kamis (28/5) telah mencermati tahapan. Misalnya, mana saja tahapan secara ketat dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19,” kata Ketua KPU Kota Surakarta, Nurul Sutarti, di Solo, Jumat (29/5).

Kegiatan verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan, secara draf akan dimulai pada tanggal 24 Juni, antara lain penyerahan data syarat dukungan dari KPU ke panitia pemungutan suara (PPS). Nurul akan menambah jumlah verifikator dengan melihat anggaran yang ada.

“Kami akan menyampaikan hal itu ke Pemkot Surakarta terkait dengan revisi anggaran, dan menunggu bagaimana mekanisme tambahan anggaran yang katanya akan dipenuhi melalui APBN,” kata Nurul.

Ia mengatakan pihaknya sudah membahas penyesuaian anggaran tambahan terkait dengan pandemi Covid-19. Pada anggaran awal Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta sebesar 15 miliar rupiah, di tengah pandemi Covid-19 ada tambahan sekitar 10,1 miliar rupiah.

 

Ant/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment