Kampanye Pemilu Masuki Putaran Final | Koran Jakarta
Koran Jakarta | June 5 2020
No Comments
Politik Inggris

Kampanye Pemilu Masuki Putaran Final

Kampanye Pemilu Masuki Putaran Final

Foto : AFP/DANIEL LE AL-OLI VAS
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON – Kampanye pemilihan umum di Inggris pada Senin (9/12) telah memasuki tahap final yang membuat Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, dan pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn, semakin berupaya keras mencari banyak dukungan jelang pelaksanaan pemilu yag aka dilaksanakan pada Kamis (12/12) mendatang.

Johnson dalam pemilu nanti partainya, Konservatif, bisa meraih kembali mayoritas setelah raib di masa kepemimpinan manta PM Theresa May dalam pemilu lalu. Sementara Corbyn berupaya agar partainya, Buruh, kembali bisa berkuasa di pemerintahan setelah menderita kekalahan 9 tahun lalu.

Namun karena isu pemilu kali ini lebih menyoroti masalah keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit), akan sulit bagi Johnson dan Partai Konservatif untuk bisa meraih mayoritas dalam pemerintahan.

“Dampak dari pemilu pada Kamis akan dirasakan hingga beberapa dekade mendatang,” kata PM Johnson saat sesi debat kampanye pemilu terakhir yang digelar pada Minggu (8/12).

Besarnya pertaruhan politik serta perbedaan ideologi yang diusung Johnson dan Corbyn telah menyebabkan kampanye berlangsung dengan silang pendapat yang amat sengit dimana Johnson akan bersiap menghadapi krisis kepercayaan sementara Corbyn diperkirakan akan kembali berkutat menghadapi masalah seputar isu anti-Semitisme dalam partainya.

Tak hanya isu Brexit, dalam sesi debat final yang disiarkan stasiun televisi nasional, baik Johnson dan Corbyn mempermasalahkan jaminan kesehatan, penghematan dan terorisme.

Jika kubu Konservatif bisa meraih mayoritas dalam pemilu nanti, maka dipastikan Inggris akan meninggalkan Uni Eropa. Jika itu tak terjadi, maka dilaksanakan referendum kedua dan hasil referendum 2016 akan gagal dilanjutkan.

Dalam kampanyenya, Johnson mengatakan akan mengambil langkah negosiasi yang lebih lunak terkait Brexit dan mempertahankan langkah keluar dari UE jika ia bisa mempertahankan jabatannya. “Partai Butuh telah mengecewakan kalian semua,” demikian salinan pidato Johnson yang dipublikasikan Partai Konservatif.

Strategi Oposisi

Pada pihak lain, kubu oposisi yang dipimpin Corbyn diperkirakan akan menyerang Johnson dengan terus menuding Inggris akan kehilangan pengelolaan jaminan kesehatan nasional akibat dibukanya peluan jaminan itu dikelola oleh perusahaan swasta dari Amerika Serikat sebagai bagian dari kesepakatan dagang pasca Brexit antara Johnson dengan Presiden Donald Trump.

Dalam strateginya, kubu Partai Buruh akan menunjuk John McDonnell sebagai Menteri Keuangan Inggris dalam skenario pemerintahan Inggris mendatang dimana McDonnell akan menetapkan prioritas kebijakan untuk mengakhiri penghematan, investasi di bidang bisnis yang ramah lingkungan, serta nasionalisasi terhadap perusahaan strategis.

“Untuk beberapa hal, kita telah menyia-nyiakan potensi rakyat,” kata Corbyn.

“Itulah kelemahan pemerintahan sekarang dan mereka menyerahkan nasib rakyat pada kekuatan pasar,” pungkas dia. ang/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment