India Larang 59 Aplikasi Daring Tiongkok | Koran Jakarta
Koran Jakarta | July 4 2020
No Comments

India Larang 59 Aplikasi Daring Tiongkok

India Larang 59 Aplikasi Daring Tiongkok

Foto : AFP/MANJUNATH KIRAN
Larang “TikTok” - Seorang perempuan dari Bangalore, India, sedang membuka aplikasi TikTok melalui telepon pintar miliknya pada Selasa (30/6). Terhitung awal pekan ini, pemerintah India melalui Kementerian Teknologi Informasi melarang penggunaan 59 aplikasi buatan Tiongkok seiring memanasnya hubungan bilateral terkait insiden maut di perbatasan India-Tiongkok pada pertengahan Juni lalu.
A   A   A   Pengaturan Font

NEW DELHI - Pemerintah India pada Senin (29/6) melarang 59 aplikasi daring dari Tiongkok termasuk aplikasi yang populer seperti TikTok dan WeChat, karena alasan keamanan nasional dan privasi. Pelarangan itu dilakukan dua pekan setelah terjadi pertikaian maut antara dua pasukan penjaga perbatasan wilayah Himalaya.

“Pemerintah India memutuskan untuk melarang aplikasi-aplikasi tertentu. Keputusan ini diambil sebagai langkah untuk menjamin keamanan dan kedaulatan ruang siber India,” demikian pernyataan Kementerian Teknologi Informasi India, seraya menambahkan bahwa pelarangan itu dilakukan setelah Kementerian Teknologi Informasi menerima keluhan mengenai pencurian data dan pelanggaran privasi pengguna aplikasi.

Ada banyak aplikasi yang berasal dari Tiongkok yang populer di India seperti ByteDance, aplikasi berbagi SHAREit, dan laman pencari UC dan UC News milik Alibaba. Pengguna TikTok di India saja diperkirakan mencapai sekitar 120 juta orang dan angka ini merupakan yang terbesar di kawasan Asia selatan.

Hubungan antara India-Tiongkok memburuk setelah terjadi insiden baku hantam yang menewaskan 20 anggota tentara penjaga perbatasan India di wilayah Ladakh pada pertengahan Juni lalu. Tak hanya larangan penggunaan aplikasi, saat ini pun di India gencar terdengar seruan untuk melarang bisnis, produk dan pelancong yang berasal dari Tiongkok. SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment