DPR Akan Fokus Selesaikan Kasus Jiwasraya | Koran Jakarta
Koran Jakarta | June 5 2020
No Comments

DPR Akan Fokus Selesaikan Kasus Jiwasraya

DPR Akan Fokus Selesaikan Kasus Jiwasraya

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - DPR mendorong Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya untuk bekerja lebih maksimal supaya bisa menghasilkan solusi yang menguntungkan masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai wujud atas respons permasalahan pada industri jasa keuangan nasional yang terkait dengan likuiditas yang berakibat gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya terhadap para nasabahnya.

“DPR harus menemukan solusi terbaik bagi masyarakat. Apalagi di beberapa komisi DPR telah membuat Panja yang secara khusus bertugas mengusut tuntas persoalan tersebut,” kata Ketua DPR, Puan Maharani pada rapat paripurna ke-11 DPR, di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/1).

Menurut Puan, DPR melalui Komisi III, Komisi VI, dan Komisi XI telah membentuk Panja pengawasan. Panja-Panja tersebut dimaksudkan untuk mencari solusi terbaik sehingga nasabah tidak dirugikan dan pengawasan akan berjalan dengan lebih efektif.

Wakil Ketua Komisi VI DPR, Aria Bima mengungkapkan keseriusan DPR dalam menghadapi persoalan Jiwasraya ini kemudian menelurkan tiga Panja. Komisi VI terkait masalah kejahatan korporasi dan pengembalian pemegang Polis. Panja Komisi XI menyangkut keuangan negara. Panja Komisi III dalam persoalan celah hukumnya dan penelusuran aset.

“Saya melihat Panja ini adalah bentuk keseriusan fungsi pengawasan. Lewat DPR dan Pemerintah, Panja dibuat agar kita bisa mengetahui permasalahan ini secara jelas dan gamblang. Baik dari segi keuangan, korporasi, dan hukum. Dengan demikian rakyat akan paham betul tertutama para pemegang polis yang menunggu penyelesaiannya, bukan kegaduhannya,” cetus Aria.

Sedang Bekerja

Saat ini, tambah Aria, Panja sedang bekerja baik di Komisi III, Komisi VI, dan Komisi XI. Jika merujuk pada Undang Undang (UU) tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3), Panja memiliki masa tugas selama dua kali masa sidang paripurna. Namun keberadaannya bisa diperpanjang apabila mayoritas anggota DPR menilai masih diperlukan.

“Sekaligus kami mohon kepada pimpinan, pada masa sidang berikutnya bisa menginisiasi tiga Panja untuk lebih mengerucutkan hal-hal yang terkait dengan keputusan Panja. Insya Allah kami akan bisa mengambil keputusan untuk hal yang menyangkut penyelesaian permasalahan asuransi Jiwasraya,” kata Aria. yag/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment