Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments
Kejuaraan Dunia Junior

Yasnita dan Putri Belum Terbendung

Yasnita dan Putri Belum Terbendung

Foto : BADMINTONINDONESIA.ORG
A   A   A   Pengaturan Font

Dua tunggal putri Indonesia, Yasnita Enggira Setiawan dan Putri Kusuma Wardani melaju mudah ke babak ketiga Kejuaraan Dunia Junior.

KAZAN – Pebulu tangkis junior putri, Yasnita Enggira Setiawan menuturkan, ingin tampil sebaik mungkin di World Junior Championships terakhirnya tahun ini sebelum memasuki kelas senior tahun depan.

Pada pertandingan babak kedua di Kazan, Russia, Se­lasa (8/10), Yasnita berhasil menundukkan lawannya dari Malaysia, Mohd Khairul Myisha den­gan skor 21-14, 21-16. Yasnita yang me­nempati unggulan kedelapan itu selanjut­nya akan menghadapi wakil Denmark, Frederik­ke Lund.

Sebelumnya, pada pertand­ingan babak pertama, Yasnita mengalahkan wakil Belanda, Meike Versteeg, dengan skor 21-12, 21-13. “Lawan hari ini cukup bagus, terutama di bola-bola atasnya. Tapi dia masih sering mati-mati sendiri, jadi saya masih bisa kontrol. Tapi di pertandingan pertama ini main saya belum enak karena masih menyesuaikan dengan kondisi lapangan,” kata Yasnita dalam keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Senin (7/10).

WJC 2019 menjadi turna­men dunia kedua bagi atlet kelahiran 11 Agustus 2001 ini, dengan laga pertamanya di WJC tahun lalu yang ber­langsung di Toronto, Kanada. Kemenangan tim junior Indo­nesia di nomor beregu men­jadi suntikan motivasi untuk Yasnita.

Pada turnamen di nomor beregu yang berlangsung 30 Sep­tember-5 Oktober di Kazan, Rusia, In­donesia berhasil keluar seba­gai juara setelah mengalahkan China 3-1. Meskipun tak ma­suk dalam tim pertandingan beregu, namun Yasnita juga ikut merasakan semangat tim yang begitu luar biasa.

“Semangat temen-teman sangat luar biasa, jadi saya ha­rus teruskan semangat itu. Tar­get minimal saya di WJC kali ini adalah masuk semifinal. Ini adalah WJC terakhir saya, saya mau tampil semaksimal mung­kin,” pungkas Yasnita.

Langkah Yasnita juga diikuti oleh rekannya, Putri Kusuma Wardani yang menang atas wa­kil Malaysia, Arena Samin dengan skor 21-13, 21-13. Selan­jutnya Putri akan menghadapi wakil Thailand, Amy Tan.

Melenggang Mudah

Sementara itu, ganda campuran M. Lucky Andres Apriyanda/Helena Ayu Pus­pitasari melenggang mudah setelah belum menemukan hambatan berarti dalam laga pertama mereka di nomor per­orangan World Junior Champi­onships 2019.

Lucky/Helena menang telak dari pasangan asal Latvia Mar­tins Kirkums/Amanda Azarova dengan skor 21-3, 21-8. “Kami belum per­nah turun (dimaink­an) selama di beregu, jadi tadi coba me­nyesuaikan diri dulu dengan lapangan, baca arah angin dan adaptasi dengan kondisi lampu yang agak silau,” kata Lucky da­lam keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Selasa (8/10).

Lucky/Helena memanfaat­kan pertandingan pertama ini sebagai ajang pemanasan dan adaptasi lapangan untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya yang diprediksi akan lebih berat. “Hari ini kan lawannya belum terlalu berat karena masih babak awal. Tapi bertanding di WJC memang rasanya beda, nuansanya ber­beda,” katanya.

Lucky/Helena yang sudah berpasangan selama satu ta­hun terakhir berharap men­dapat hasil maksimal di WJC tahun ini yang juga sekaligus menjadi turnamen junior du­nia terakhir mereka.

“Harapannya paling penting main bagus dulu, keinginan untuk juara pasti ada. Lawan-lawan terberat ada dari China, Jepang, dan teman (senegara) sendiri, Leo (Rolly Carnando)/Indah (Cahya Sari Jamil),” tutur Helena.

Selanjutnya di babak kedua Lucky/Helena akan bertanding melawan pasangan asal Uz­bekistan Biloliddin Kuchkar­boev/Gulassar Bokieva.

Langkah Lucky/Helena juga diikuti Andre Timotius Tololiu/Dinda Dwi Cahyaning yang menang atas wakil Kanada, Chien Jonathan Shou-Zheng/Crystal Lai 21-19, 21-11. Di ba­bak ketiga, Andre/Dinda akan menghadapi Wakil Hong Kong, Ko Shing Hei/Yeung Pui Lam.

Wakil Indonesia lainnya, Dwiki Rafian Restu/Metya In­ayah Cindiani juga berhasil melaju setelah menunduk­kan wakil Republik Ceko, Tomas Svejda/Katerina Zu­zakova dengan skor 21-17, 21-14. Selanjutnya, Dwiki/Metya akan menghadapi wakil Tai­wan, Chiang Chien-Wei/Wang Xin Yu. Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment