Koran Jakarta | December 15 2017
No Comments
Suara Daerah

Wilayah Kabupaten Kudus Siap Hadapi Arus Mudik

Wilayah Kabupaten Kudus Siap Hadapi Arus Mudik

Foto : KJ / HENRI PELUPESSY
A   A   A   Pengaturan Font

Kabupaten Kudus telah siap menghadapi arus mudik Lebaran 2017. Kudus yang terletak di jalur pantai utara (Pantura) menjadi daerah yang dilintasi para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor, baik pemudik yang akan menuju Jawa Tengah bagian timur maupun yang akan ke daerah-daerah di Jawa Timur.

Kesiapan ini mulai dari infrastruktur meliputi jalan utama, jalan alternatif, kamera pengawas, penerangan jalan, rest area, posko kesehatan, dan kesiapan lain yang memberikan keamanan dan kenyamanan saat melintas daerah tersebut. Koordinasi lintal sektoral telah dilakukan dengan seluruh jajaran Polres Kudus, Kodim, dan Dishub Kabupaten Kudus.

Salah satu bentuk kenyamanan yang menjadi prioritas untuk para pemudik yakni memberikan pelayana prima berupa menyiapakan petugas kader siaga trantib di daerah-daerah rawan kecelakaan, membantu petugas di rest area, di posko kesehatan dan sekaligus mengawal dan mendampingi para pemudik yang akan melintas jika membutuhkan pertolongan.

Untuk mengetahui lebih jauh kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menghadapi arus Mudik Lebaran 2017, wartawan Koran Jakarta, Henri Pelupessy berkesempatan mewawancarai Bupati Kudus Mustofa, di Semarang, Minggu (4/6). Berikut petikan selengkapnya.

Bagaimana persiapan Kabupaten Kudus menghadapi arus Mudik Lebaran 2017?

Kabupaten Kudus 100 persen siap menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini. Sudah jauh hari kami lakukan persiapan. Kami telah lakukan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, seperti Polres Kudus, Kodim 0722/Kudus, Dishub Kabupaten Kudus, dan Satgas Trantib. Kami juga menyiapakan jalur alternatif jika terjadi kemacetan. Kami melihat mudik ini suatu hal yang biasa. Kami selalu siap, selama dua periode saya mempimpin Kudus, kesiapan di segala bidang harus menjadi hal yang utama untuk melayani masyarakat. Terlebih menghadapi mudik yang menjadi sebuah rutinitas tahunan masyarakat. Seperti misalkan penjemputan warga Kudus yang akan mudik. Karena warga Kudus yang mudik adalah mereka yang telah mapan.

Bagaimana kesiapan infrastruktur di Kabupaten Kudus?

Infrastruktur seperti jalan sudah siap dilalui, jika ada perbaikan sifatnya rehabilitasi dan peningkatan saja. Perbaikan jalan selama ini, Pemkab Kudus menerapkan pembangunan per wilayah per tahun. Artinya setiap wilayah pembangunannya difokuskan sehingga merata dan dirasakan seluruh masyarakat. Hingga saat ini, terus dilakukan perbaikan. Hal yang sama juga dengan menambah kamera pengawas. Sedangkan jalur alternatif juga menjadi perhatian penting, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalur Pantura timur Kudus. Meskipun biasanya pemudik yang memanfaatkan jalur alternatif ini sedikit, tetap harus kami persiapkan dengan matang. Mulai dari rambu-rambu di sepanjang jalur alternatif, kondisi jalan, dan kondisi penerangan jalan.

Bagaimana Bapak menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik yang melintas di Kabupaten Kudus?

Kami secara otomatis menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik. Kami berharap agar para pemudik tidak hanya melintas, namun juga dapat singgah menikmati kuliner khas Kudus dan wisata yang ada. Kudus ini banyak sekali ragam kulinernnya.

Bagaimana dengan keamanannya?

Terkait hal kemanan, seperti yang dikatakan tadi keselamatan pemudik menjadi hal yang utama, baik di jalan yang tidak berlubang, adanya penerangan jalan, pos pengamanan, kamera pengawas, dan siaga trantib untuk mengawal dan memandu para pemudik jika sesuatu terjadi, seperti tersesat, tidak tahu arah atau memberikan info seputar Kabupaten Kudus.

Untuk kesiapan di sektor wisatanya?

Wisata kami juga telah siap menyambut para pemudik yang akan berwisata di Kudus. Untuk kenyamanan, telah kami siapakan rest area, tempat singgah bagi mereka yang akan istirahat. Kudus memiliki banyak penginapan, seperti hotel dan guset house, namun bagi yang tidak mampu kami menyediakan pendopo secara gratis untuk tempat istrahat. Pendopo ini adalah rumah rakyat sehingga dapat digunakan untuk seluruh masyarakat.

Bagaimana pemetaan daerah rawan kecelakaan di Kabupaten Kudus?

Kami telah melakukan koordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan di Kudus. Salah satunya dengan memberikan tanda-tanda petunjuk seperti mengurangi kecepatan jika melintas di daerah tersebut. Demikian juga dengan menempatkan personel kader siaga trantib untuk membantu pos pengamanan. Sehingga para pemudik mengetahui dan mengantisipasi sedini mungkin daerah rawan kecelakaan yang dilalui.

Kesehatan bagi para pemudik juga sangat penting, persiapan apa yang dilakukan?

Bersama dinas kesehatan dan rumah sakit di Kudus, kami mendirikan posko kesehatan yang tersebar di sejumlah wilayah yang dilalui pemudik. Ada juga di rumah sakit dan puskesmas.

Kader Siaga Trantib disiapkan dalam pengamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini?

Kader siaga trantib merupakan bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayahnya. Mereka akan diterjunkan untuk membantu tugastugas petugas baik di sisi keamanan, kesehatan, pendampingan sekaligus dapat menjadi pemandu atau dutaduta wisata Kudus untuk memperkenalkan Kudus. N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment