WhatsApp Rilis Fitur Katalog UKM | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 21 2020
No Comments

WhatsApp Rilis Fitur Katalog UKM

WhatsApp Rilis Fitur Katalog UKM

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

WhatsApp kini memudahkan pelaku usaha kecil untuk memajang produknya dengan memperkenalkan fitur Katalog yang terdapat pada aplikasi WhatsApp Business. Fitur yang tersedia pada ponsel pintar dengan system operasi Android dan iPhone diharapkan dalam memudahkan pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dalam menciptakan etalase secara daring.

Direktur Komunikasi, APAC, WhatsApps, Sravanthi Dev, mengatakan banyak orang senang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelaku usaha favorit mereka. Namun saling mengirim banyak pesan dan foto untuk mendapatkan informasi produk tidaklah efisien.

“Menanggapi hal ini, kami meluncurkan Katalog untuk memudahkan para pebisnis kecil menciptakan etalase secara mobile, yang membantu mereka untuk menampilkan dan membagikan informasi produk kepada para pelanggannya. Dengan Katalog, pelanggan dapat denganmudah menjelajah dan menemukan sesuatu yang ingin dibeli,” ujad Sravanthi dalam siaran.

Untuk membuat katalog dengan aplikasi WhatsApp Business pengguna hanya memerlukan beberapa langkah mudah. Mesk dekimikiana hal terpenting bagi pebisnis kecil adalah mempersiapkan galeri foto produk dan jasa yang lengkap dan konsisten.

Bagi pebisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business, perusahaan ini ini menyelenggarakan pelatihan perdananya di Jakarta, dengan mengundang para pelaku UKM untuk mendapatkan keterampilan fotografi pemasaran dan mendapatkan manfaat penuh dari fitur Katalog.

“Melalui pelatihan hari ini, kami ingin meningkatkan keterampilan fotografi pelaku bisnis kecil dan membantu mereka menghasilkan foto yang menarik agar dapat memikat para pelanggan dengan produk ataupun jasa yang mereka tawarkan,” tambah Sravanthi.

Selain membantu pelaku UKM untuk memanfaatkan fitur Katalog terbaru secara maksimal, WhatsApp juga memberikan sesi edukasi khusus untuk mengembangkan usaha mereka lebih cepat dengan WhatsApp Business.

Katalog yang dibuat oleh para pebisnis kecil akan tampil pada laman profil bisnisnya. Setiap produk dan jasa dalam katalog bisa diberi nama yang unik, dan juga kolom opsional lainnya seperti harga, deskripsi produk, tautan situs bisnis, dan kode produk.

“Penanda ini dapat memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi produk dalam katalog. Pelaku bisnis dapat mengunggah maksimal 500 foto produk atau jasa ke dalam katalog mereka,” lanjut Sravanthi.

Katalog yang selalu diperbarui akan memudahkan pelanggan tetap dan calon pelanggan untuk menelusuri produk maupun jasa sebuah bisnis. Katalog juga tetap terhubung dengan bisnis tersebut.

Pelanggan dapat memilih produk dan jasa yang mereka minati dan membagikannya kepada teman, dan tentunya langsung bertukar pesan kepada pemilik bisnis untuk diskusi. hay/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment