Koran Jakarta | September 24 2019
No Comments

Warga Kampung Rawa Tolak Pemotongan Ayam

Warga Kampung Rawa Tolak Pemotongan Ayam

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Warga Kelurahan Kampung Rawa menolak keberadaan usaha penampungan dan pemotongan ayam di area permukiman warga yang terletak di Jalan Kampung Rawa Selatan III, Johar Baru, Jakarta Pusat.

“Rumah saya itu ada di sebelahnya. Kurang lebih 50 me­ter itu ada tempat pemotongan dan penampungan ayam. Itu baunya luar biasa,” kata salah satu warga, Zulkarnaen, di Kantor Lurah Kampung Rawa, Jakarta Pusat, Rabu. Warga lainnya, Suparno, menyampaikan keluhan serupa.

Menurutnya, dampak lingkungan yang tercemar ter­utama bagi kesehatan masyarakat menjadi alasan warga Kampung Rawa menolak usaha penampungan dan pemo­tongan ayam itu. Selain itu, usaha penampungan dan pe­motongan ayam yang sudah beroperasi sejak tahun 1992 itu ternyata tidak memiliki izin usaha.

“Sejak tahun 2004, izin usaha dia sudah habis, itu me­langgar Perda DKI Nomor 4 Tahun 2007. Dulu 2014 juga su­dah disegel, tapi kenapa masih beroperasi,” kata Mansyur, warga sekaligus Ketua RT 01 Kampung Rawa.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Pusat, Hasudungan, menyatakan usaha pe­nampungan dan pemotongan ayam di Jalan Rawa Selatan III melanggar peraturan daerah.

“Ya, dia memang melanggar Perda Nomor 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian Pemeliharaan dan Peredaran Jnggas di Provinsi DKI Jakarta,” kata dia.  Ant/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment