Warga Inggris Diingatkan Bisa Ditangkap Tiongkok | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments

Warga Inggris Diingatkan Bisa Ditangkap Tiongkok

Warga Inggris Diingatkan Bisa Ditangkap Tiongkok
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Inggris mengingatkan warganya yang mengadakan perjalanan ke Tiongkok. Diingatkan, warga Inggris mungkin saja berisiko ditangkap sewenang-wenang. Hal ini terjadi setelah sejumlah warga asing ditahan dengan berbagai tuduhan, termasuk kasus yang melibatkan rahasia negara dan keamanan nasional.

"Otoritas Tiongkok dalam situasi tertentu menangkap warga asing dengan alasan membahayakan keamanan nasional," demikian keterangan Kementerian Luar Negeri.

Juru bicara Kedutaan Besar Inggris di Beijing mengatakan, peringatan tersebut telah diperbarui untuk secara jelas dan faktual mencerminkan insiden baru-baru ini. Namun status imbauan perjalanan tidak berubah.

Peringatan otoritas Inggris muncul setelah sejumlah warga asing di Tiongkok, termasuk warga Kanada, Australia, Jepang, dan Amerika ditahan dengan tuduhan keamanan nasional. Beberapa dari mereka hingga kini masih ditahan.

Salah satu kasus terbaru, Cheng Lei, warga Australia sekaligus pembawa berita di stasiun TV China, ditahan Agustus. Dia dituduh melakukan tindakan kriminal yang membahayakan keamanan nasional Tiongkok. Penahanan Lei menyusul memanasnya hubungan Tiongkok dan Australia. ant/G-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment