Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments
LINTAS NEGARA

Warga Eropa Protes Serangan Turki ke Suriah

Warga Eropa Protes Serangan Turki ke Suriah

Foto : AFP/ANGELOS TZORTZINIS
PROTES SERANGAN | Warga Kurdi yang tinggal di Athena, melakukan aksi protes di depan Kedubes Turki di Yunani. Mereka menentang serangan Turki terhadap wilayah Kurdi di Suriah dan meminta agar Turki dikenai sanksi atas serangan tersebut.
A   A   A   Pengaturan Font

PARIS - Ribuan warga kota di beberapa negara Eropa pada Sabtu (12/10) turun ke jalan untuk memprotes seran­gan Turki terhadap Kurdi di Suriah. Beberapa dari pem­rotes bahkan berteriak “Erdogan teroris” dan menyebut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai pemimpin Islamic State (ISIS).

“Turki menyerang Rojava (zona Kurdi yang berdaulat di timur laut Suriah) dan Eropa hanya mengawasi saja,” teriak mereka ketika mereka berbaris menuju Chatelet di pusat kota Paris.

Selain di Paris, aksi protes serupa juga terjadi di beber­apa kota di Prancis lainnya seperti Marseille, Strasbourg, Bordeaux, Lille, dan Grenoble. Aksi protes juga dilapork­an terjadi di Wina, Athena, Cologne, Zurich, Budapest, Nic­osia, Stockholm, Den Haag, Warsawa, dan Brussels, yang sebagian besar aksi protes menyuarakan agar Turki dike­nai sanksi, bahkan beberapa negara seperti Finlandia, Jer­man, Norwegia, dan Belanda, meminta agar menangguh­kan penjualan senjata ke Turki.

Serangan Turki ke wilayah Kurdi dimulai pada Ra­bu (9/10) pekan lalu setelah Presiden AS, Donald Trump, memerintahkan pasukan Amerika untuk mundur dari per­batasan Turki-Suriah. ang/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment