Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments
Gempa Sukabumi

Warga Berhamburan Hindari Potensi Tsunami

Warga Berhamburan Hindari Potensi Tsunami

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG - Dua hari ber­turut-turut wilayah Jawa Barat diguncang gempa. Gempa pertama terjadi Senin malam di wilayah Tasikmalaya dan Selasa petang di wilayah Suk­abumi. Manager Pusdalops BPBD Jawa Barat, Budiman, mengatakan gempa Selasa (8/1) terjadi pukul 16.54.47 WIB di wilayah Samudera Hindia, selatan Jawa. Gempa bumi tektonik ini memiliki kekuatan 5,0 magnitude.

“Info awal gempa bumi ini berkekuatan 5,4 magnitude yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,0. Episenter gempa bumi ter­letak pada koordinat 7,83 LS dan 106,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabu­mi, Provinsi Jawa Barat, pada kedalaman 50 kilometer,” ujarnya, Selasa (8/1)

Wilayah yang merasakan gempa, antara lain Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Bandung dan sekitarnya, Tasikmalaya dan Garut.

“Dari hasil pemantauan Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Jawa Barat sampai pukul 17.43 WIB, se­mentara tidak ada dampak, baik korban jiwa ataupun kerusakan dan kerugian harta benda. Tetapi, pemantauan dan koordinasi dengan terus dilakukan oleh kami,” kata Bu­diman.

Sementara pada Senin malam, gempa bumi tektonik juga mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gem­pa bumi terjadi pada pukul 22.04.09 WIB dengan kekua­tan 4.8 magnitude skala Rich­ter dengan koordinat episent­er 8.15 LS dan 107.88 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya, pada kedalaman 21 kilometer.

Membuat Panik

Sementara itu, warga di selatan Cianjur berhamburan keluar rumah karena mera­sakan guncangan gempa se­lama 20 detik. Rahmat Efendi, 54 tahun, mengatakan gun­cangan gempa membuat panik dirinya dan warga di Kecamatan Sindangbarang, di antaranya lari ke tempat ter­buka. Sedangkan penduduk di pinggir pantai berupaya menjauh dari bibir laut. Selain berlari, ada yang mengendarai sepeda motor. tgh/Ant/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment