Koran Jakarta | July 20 2019
No Comments

Vietnam Berantas Label Barang Palsu

Vietnam Berantas Label Barang Palsu

Foto : AFP/ Manan VATSYAYANA
Produk Vietnam l Seorang pekerja garmen di Hanoi, Vietnam, sedang mengepak kemeja untuk diekspor pada pengujung Mei lalu. Pemerintah Vietnam akan memberantas pencantuman label palsu atas produk ekspornya ke Amerika Serikat yang bertujuan menghindari pengenaan tarif setelah terjadi perang dagang antara AS dan Tiongkok.
A   A   A   Pengaturan Font

HANOI – Pemerintah Vietnam akan memberantas per­usahaan ilegal yang menggunakan label “Buatan Vietnam” palsu untuk barang yang akan diekspor ke Amerika Seri­kat (AS). Pemalsuan label marak setelah terjadi perang da­gang antara AS dan Tiongkok dimana eksportir mengalih­kan produksinya dari Tiongkok ke Vietnam demi menghin­dari tarif sebanyak 25 persen.

“Penggunaan label palsu mempengaruhi reputasi pebis­nis dan produk Vietnam,” kata Wakil Perdana Menteri Pham Binh Minh, Minggu (9/6). “Kami akan meningkatkan hu­kuman bagi barang-barang yang diduga berasal dari Viet­nam yang akan dilempar ke pasar luar negeri,” imbuh dia.

Langkah Vietnam diambil setelah pejabat bea cukai me­nemukan lusinan kasus label palsu yang akan diekspor ke AS, Eropa, dan Jepang. Pemerintah Vietnam lalu menyeru­kan agar inspeksi barang ekspor diperketat karena negara­nya bisa dikenakan sanksi oleh AS.

Ekspor Vietnam ke AS melonjak sebanyak 40 persen se­jak awal tahun ini sejak dimulai perang tarif antara AS dan Tiongkok. Hal ini bisa terjadi setelah setengah perusahaan AS di Tiongkok memindahkan produksinya ke Vietnam se­bagai akibat sengketa dagang AS-Tiongkok.  AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment