Koran Jakarta | December 14 2018
No Comments

Vendor Korea Rilis Robot “Human-Centric”

Vendor Korea Rilis Robot “Human-Centric”

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

LG merancang robot baru yang dapat terhubung dengan berbagai robot layanan LG lainnya yang telah diperkenalkan di Consumer Electronics Show 2018di Las Vegas, Amerika Serikat, pada awal tahun lalu.

Teknologi terbaru menghasilkan robot yang terpasang dalam tubuh. Dengan kecerdasan buatan untuk berinteraksi dengan pengguna, robot dapat dipakai untuk memudahkan pekerjaan penggunanya. Pameran Internationale Funkausstellung atauIFA Berlin 2018 di Jerman antara 31 Agustus - 5 September 2018 menjadi ajang unjuk kebolehan para penyedia perangkat elektronik pada segmen konsumen dan juga industri.

Pada kesempatan ini LG Electronics menjadi sala satu yang menawarkan teknologi terbaru pada pengunjung.

Perusahaan Korea Selatan ini membagi dalam tiga zona besar yaitu Travel Thinq, Thinq Gourmetdan Thinq Style, solusi-solusi berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI). Selain untuk sektor konsumen, LG juga menawarkan solusi sektor industri LG dengan menawarkan CLOi SuitBot. Teknologi ini berupa robot ‘human-centric’ wearable, untuk membantu kemampuan kerja manusia.

Berbeda dengan robot LG terdahulu seperti Guide Robot, Cleaning Robot and Serving Robot yang beroperasi secara mandiri, penggunaan LG CLOi SuitBot yang diikenakan pada tubuh untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan tungkai kaki. “LG CLOi SuitBot” merupakan bukti komitmen penuh kami untuk memperluas portfolio robot layanan yang memberi kemudahan dan inovasi nyata dalam hidup,” ujar Presiden LG Home Appliance & Air Solution Company Song Dae-hyun, ujar dia dalam siaran pers pekan lalu. LG CLOi SuitBot memakai teknologi AI untuk berinteraksi dengan pengguna.

Robot ni diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan secara dramatis dan menciptakan peluang baru untuk memajukan inisiatif robotika LG menjadi mesin pertumbuhan berikutnya. Untuk mendukung LG CLOi Suit- Bot, maka didirikan perusahaan perintis (startup) guna pengembangan robot untuk mengatasi keterbatasan tubuh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kolaborasi dengan perusahaan perintis, LG Robotics mempelajari bagaimana robot yang dikenakan pada tubuh (wearable robot) dapat dipakai meningkatkan kualitas hidup. LG CLOi SuitBot dirancang dengan sambungan nyaman dan sendi yang berputar secara alami. Hal ini memungkinkannya bergerak dengan cara yang lebih santai dan alami untuk meningkatkan tubuh bagian bawah baik ketika sambil berjalan, berdiri atau bekerja.

Rancangan alas kaki dan fitur penyesuaian otomatisnya membuat pemakainya dapat dengan mudah dalam mengenakan maupun melepas. Hal yang juga menjadi pembeda LG CLOi SuitBot dari banyak exoskeleton lainnya.

Yang membuatnya lebih istimewa, LG merancang robot barunya ini untuk dapat terhubung dengan berbagai robot layanan LG terdahulu yang telah diperkenalkan di Consumer Electronics Show 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, pada awal tahun lalu.

Keterhubungan ini merupakan upaya LG untuk membuat seluruh robot besutannya ini menjadi bagian dari jaringan kerja cerdas untuk menyampaikan informasi dan alat yang diperlukan di lokasi kerja seperti manufaktur, logistik dan distribusi. Pengembangan robot layanan LG CLOi ini sebagai bagian dari inisiatif AI yang lebih besar dari LG untuk sektor komersial.

Teknologi AI memungkinkan LG CLOi Suit- Bot untuk belajar dan berkembang melalui pengenalan dan analisis data biometrik dan lingkungan, mengukur dan menganalisis gerakan untuk menyarankan gerakan dan posisi optimal untuk efisiensi kekuatan maksimum. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment