Utamakan Pencegahan dalam Penegakan Hukum | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 20 2017
No Comments

Utamakan Pencegahan dalam Penegakan Hukum

Utamakan Pencegahan dalam Penegakan Hukum

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

SEMARANG - Paradigma penegakan hukum di jajaran kejaksaan telah berubah seiring dengan dibentuknya Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Upaya pencegahan lebih diutamakan dibandingkan penindakan.

“Semua stakeholder dapat memanfaatkan tim tersebut dalam upaya mencegah bentuk penyimpangan. TP4D Kejati Jateng dapat dimanfaatkan untuk berkonsultasi. Jangan takut dengan jaksa karena paradigma penegakan hukum telah berubah,” kata Asisten Bidang Intelijen Kejati Jateng yang juga Ketua TP4D Kejati Jateng, J Hendrik Pattipeilohy, pada acara Jalan Sehat dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-57, di Semarang, pekan lalu.

Menurut Hendrik, hingga saat ini tercatat yang sedang dikawal TP4D Kejati Jateng, di antaranya proyek pemerintah, BUMN, dan BUMD senilai 44,7 triliun rupiah, sedangkan proyek yang dikawal terakhir ini adalah di PLN terkait Sutet, Kantor Bea Cukai, termasuk Pemkab Sukoharjo yang akan membangun gedung kantor terpadu senilai 98 miliar rupiah.

Para stakeholder tersebut telah menandatangani kesepakatan dengan TP4D. Dibandingkan uang negara terselamatkan dari langkah penindakan, menurut Hendrik, pencegahan ini tentu jauh lebih besar uang terselamatkan. Orientasi kejaksaan saat adalah menangani perkara-perkara besar. SM/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment