Koran Jakarta | March 24 2019
No Comments

Unsur Estetika Desain Pintu

Unsur Estetika Desain Pintu

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Alasan pentingnya  memilih  desain pintu  depan  rumah adalah  untuk membuat semua  orang yang melihatnya  takjub dan terkesima.

Pintu depan rumah menjalankan fungsi yang penting bagi desain rumah. Tapi terkadang kita mengabaikan fungsi pintu depan rumah karena kita lebih sering memikirkan aspek lain dalam mendesain rumah. Pintu depan yang berfungsi sebagai pintu masuk utama merupakan hal yang paling pertama di lihat oleh tamu dan tetangga kita ketika mereka lewat atau ingin berkunjung ke rumah.

Untuk itu, kita harus mulai mempertanyakan apakah pintu depan sudah berfungsi dengan maksimal seperti tahan terhadap angin, hujan dan matahari yang menyengat. Apakah secara estetis pintu depan rumah terlihat menarik?

Apakah ini merupakan saat yang tepat untuk mengganti pintu yang baru dengan pintu yang lebih menarik? Kantor desain hunian, Architectaria, mengemukakan beberapa alasan penting dalam memilih desain pintu depan agar semua orang yang melihat takjub dan terkesima.

Para desainer Architectaria menyebutkan pentingnya mengganti pintu depan rumah. Jika pintu sudah terlalu lama, maka mengganti pintu depan rumah akan menambah daya tarik keindahan eksterior rumah. Oleh karena itu, amatlah penting untuk memberikan kesan pertama yang baik pada tamu dengan memilih pintu yang stylish dan tahan lama. Pintu depan rumah harus tahan awet kuat dan tahan terhadap segala jenis cuaca.

Dan yang paling penting adalah keamanan yang harus tetap di prioritaskan agar seluruh anggota keluarga merasa aman berada didalam rumah.

Perlu juga diperhatikan nilai yang didapat ketika mengganti desain pintu depan rumah. Mengganti desain pintu depan rumah akan sangat bermanfaat ketika kita berniat untuk menjual rumah kepada orang lain. Untuk itu, pemilik rumah harus menentukan desain seperti apa yang nantinya akan membuat nilai jual rumah lebih tinggi. “Kebanyakan orang menginginkan tampilan pintu yang memiliki desain pinggiran pintu yang menarik. Orang-orang juga lebih menyukai desain pintu depan rumah yang sederhana namun elegan,” desainer eksterior, Arie.

Menurut dia, mengganti pintu rumah sesungguhnya sangat membantu kita dalam menghemat biaya, kerena mengganti pintu berbahan dasar kayu yang kuat mampu membuat pintu depan awet dan tahan lama. Selain itu, nilai estetis yang didapat juga akan melebihi ekspektasi ketika dijual.

Gaya Desain Pintu Depan Rumah

Jika kita benar-benar ingin mengganti pintu depan rumah, kita harus mencoba memilih opsi material pintu yang berbeda-beda. Merupakan sebuah ide yang bagus ketika pemilik hunian menyisihkan waktu untuk melakukan observasi sederhana mengenai gaya atu style pintu melalui berbagai sumber sebelum akhirnya menentukan desain yang paling cocok untuk rumah kita. Aspek lain yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti pintu depan adalah memilih bahan yang sesuai.

Ada berbagai jenis bahan pintu yang dapat mempengaruhi tampilan, ketahanan dan keamanan yang kita idamkan seperti pintu berbahan kayu, baja dan alumunium. Pintu kayu merupakan jenis bahan yang paling sering ditemui pada eksterior rumah. Kayu yang digunakan biasanya berasal dari pohon kenari, pohon cemara, pohon mahoni, pohon jati, dan lainnya.

Pintu berbahan kayu terlihat kuat dan menarik mata namun perlu diingat bahwa pelapisan ulang pintu kayu menggunakan cat dan polyurethane setiap beberapa tahun sekali sangatlah penting untuk dilakukan. Pintu berbahan baja juga menjadi favorit kebanyakan orang karena dinilai memiliki ketahanan yang super.

Tapi kenyataan sebenarnya adalah pintu baja tidak lebih kuat dari pintu berbahan kayu, apalagi ketika terpapar sinar matahari secara langsung karena cat akan lebih mudah mengelupas dan bahan pintu akan terlihat sedikit bengkok. Lain halnya dengan pintu berbahan alumunium yang banyak dicari karena mudah didapat. Akan tetapi kelemahan yang sering ditemui pada pintu berbahan alumunium adalah bahannya yang mudah peot dan biasanya hanya bertahan beberapa puluh tahun saja.

Pilihan Warna

Tujuan memilih warna untuk pintu depan rumah kita adalah agar tampilan eksterior lebih menarik dan tentunya pemilihan warna dapat menunjukan gaya pribadi pemilik rumah.

Pilihlah warna netral yang sesuai dengan tema keseluruhan desain rumah untuk menciptakan kesan tampilan yang harmonis. Dengan pilihan, model, dan bahan yang tepat, desain pintu depan rumah akan membuat orang lain nampak takjub dan terkesima dan terlebih lagi dapat meningkatkan nilai rumah yang kita miliki.

Jangan takut untuk mengganti pintu depan karena dengan sedikit menghabiskan waktu untuk memilih tipe bahan, warna dan style yang cocok. Jika tidak terlalu yakin dengan pilihan yang sudah diputuskan, pemilik rumah harus mencari arsitek profesional yang akan memberikan saran berguna untuk menambah keindahan rumah. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment