Koran Jakarta | August 23 2019
No Comments
VARIA

Unesa Ciptakan Mesin Sangrai Kerupuk

Unesa Ciptakan Mesin Sangrai Kerupuk

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – Tim mahasiswa Universitas Negeri Sura­baya (Unesa) berhasil membuat inovasi mesin penyangrai kerupuk yang dilengkapi Electrical Temeprature Control. Tim yang terdiri dari Muhammad Irfan Maulana, Ade Ame­lia Sapriana, Hafizh Muhammad Alwidyansyah, M Ilham Prasetya, dan Olivian Yundia Pratama ini telah menerapkan alat bernama “Kerokan” itu ke beberapa UKM.

Ide pembuatan mesin Kerokan berawal dari tahap pe­nyangraian atau penggorengan kerupuk tanpa minyak, yang terkadang memerlukan waktu cukup lama dalam mengha­silkan kerupuk dalam jumlah banyak.

“Dari hasil yang ditemukan, penggunaan alat ini sangat efektif. Penghasilan disalah satu UKM yang biasanya dapat menghasilkan 50 kilogram dengan menggunakan mesin Kerokan ini mampu menghasilkan 75 kilogram kerupuk matang,” kata salah satu anggota tim, Muhammad Irfan Maulana, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (13/8).

Ia menjelaskan timnya telah terpilih menjadi salah satu judul PKM yang lolos ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Na­sional (PIMNAS) ke-32 Tahun 2019 di Bali.

“Program PKM ini sangat bermanfaat, tidak hanya dapat membantu menyelesaikan permasalahan UKM namun juga dapat menjadi wadah belajar bagi mahasiswa. Tentu kami bangga,” pungkas dia. SB/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment