Koran Jakarta | October 14 2019
No Comments

UI dan UGM Universitas Terbaik Versi QS-WUR

UI dan UGM Universitas Terbaik Versi QS-WUR

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Universitas Indonesia (UI) dan Univer­sitas Gadjah Mada (UGM) menduduki peringkat 1 dan 2 di Indonesia, disusul Institut Teknologi Bandung (ITB) seba­gai peringkat ketiga versi Quacuarelli Symonds (QS-WUR). Di level dunia, UI menempati peringkat 296, UGM 320, dan ITB menempati peringkat 331 dunia.

“Tapi, UGM menempati nomor 1 di indikator reputasi akademik, mengalahkan UI yang di lima indikator lainnya mengalahkan UGM,” kata Rektor UGM, Panut Mulyono, saat menggelar jumpa pers QS World University Rangking, di Yogyakarya, Rabu (19/6).

QS-WUR dan Times Higher Education (THE) adalah dua lembaga pemeringkat universitas terpenting di dunia yang berkedudukan di Eropa.

QS-WUR yang diumumkan pada pukul 15.00 WIB ke­marin memiliki enam indikator pengukuran yakni reputasi akademik yang memiliki bobot tertinggi sebesar 40 persen. Kedua, indikator reputasi employer 10 persen. Ketiga, rasio dosen dan mahasiswa dengam bobot 20 persen. Keempat, indikasi sitasi jurnal atau artikel dosen dengan bobot 20 persen. Kelima dan keenam keaktifan dosen UGM di forum internasional dan jumlah mahasiswa asing di UGM.

Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Indra Wijaya Kusuma, menjelaskan bahwa di Asia QS-WUR adalah lem­baga pemeringkat yang paling relevan dan terpenting ka­rena THE bercorak sangat barat dengan indikator yang sa­ngat kompleks.

“Pada pemeringkatan tahun ini UGM melesat 71 pering­kat, dan tahun sebelumnya peringkat tiga nasional, jadi su­dah naik ya,” kata Indra.

YK/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment