Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
VARIA

Uhamka Perkenalkan Pelacak Mata Kampanye Antirokok

Uhamka Perkenalkan Pelacak Mata Kampanye Antirokok

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pusat Neurosains Universitas Muhammadi­yah Prof Dr Hamka (Uhamka) memperkenalkan pelacak mata manusia (human eye tracker) untuk meningkatkan efektivitas kampanye visual seperti kampanye antirokok.

“Teknologi Human Eye Tracking mendeteksi gerakan fokus bola mata ketika melihat suatu objek visual, seper­ti poster. Alat ini akan menunjukkan titik mana dari poster tersebut yang ternyata jadi titik fokus,” kata Public Relations Officer Pusat Neurosains Uhamka (PNU), Mega Putri Alifa, di Jakarta, Rabu (19/9).

Pada acara Asian Pacific Conference on Tobacco or Health (APACT) pada 13–16 September 2018 di Bali, PNU turut berpartisipasi mendemonstrasikan penggunaan Hu­man Eye Tracker untuk keperluan kampanye antirokok di gerainya.

Melalui riset dengan alat itu, ujar dia, penyusunan pesan-pesan yang ingin disampaikan dalam suatu poster atau alat kampanye berikutnya bisa disesuaikan. “Misalnya dalam suatu poster kampanye antirokok, foto wajah public figure terlalu besar. Hasil penelitian kami, pesan utama menjadi tidak sampai dan poster kurang efektif, karena gambar yang ditampilkan lebih menarik melebihi pesan utama itu sen­diri,” ujarnya. eko/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment