Koran Jakarta | May 27 2019
No Comments
Pendidikan Tinggi

UGM Beri Beasiswa Pelatihan Talenta Digital

UGM Beri Beasiswa Pelatihan Talenta Digital

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM) membuka kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir atau yang baru saja lulus untuk meraih bea­siswa pelatihan talenta digi­tal. Beasiswa ini diberikan kepada 450 orang yang lolos seleksi.

Mereka yang lolos seleksi berkesempatan untuk me­milih salah satu dari tiga bi­dang digital yang diminati, yakni kecerdasan buatan atau artificial intelligence, internet of things, dan keamanan siber.

Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam, mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu pro­gram yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka me­ningkatkan kemampuan SDM di bidang pembangunan revo­lusi industri 4.0.

Pelatihan akan diselenggarakan selama dua bulan, mulai akhir Juni hingga perte­ngahan Agustus 2019. Sedang­kan pendafaran dimulai 20 April hingga 19 Mei ini melalui website https://digitalent.kom­info.go.id.

Menurut Nizam, kesem­patan ini terbuka bagi seluruh mahasiwa tingkat akhir atau lulusan pendidikan D3, D4 atau S1 yang berasal dari ju­rusan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), MIPA dan seluruh jurusan teknik.

“Selama mengikuti pe­latihan akan mendapatkan beasiswa bantuan uang saku dan bantuan biaya hidup se­besar 1,5 juta rupiah,” kata Nizam, di Yogyakarta, Selasa (14/5).

Nizam menambahkan, pro­gram pemberian 450 beasiswa talenta digital ini dilaksana­kan oleh Kominfo yang mem­berikan total 25 ribu beasiswa dengan melibatkan 30 mitra universitas, 23 politeknik, dan 4 badan sertifikasi internasio­nal.

Direktur PT Gamatechno Indonesia, Adityo Hidayat, yang juga menjadi organizing committee kegiatan ini, me­ngatakan ketiga bidang digital seperti kecerdasan buatan, IoT, dan keamanan siber merupa­kan bidang yang paling banyak dibutuhkan oleh pelaku indus­tri digital. “Ketiga bidang ini permintaannya sangat tinggi,” katanya. YK/E-3

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment