UEA Akan Investasi Rp314 Triliun di RI | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 21 2020
1 Comment
Hubungan Bilateral

UEA Akan Investasi Rp314 Triliun di RI

UEA Akan Investasi Rp314 Triliun di RI

Foto : SETPRES/LEILY
PERJANJIAN DAGANG I Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Armenia, Armen Sarkissian di Abu Dhabi, UEA, Senin (13/1). Jokowi meminta Armenia memulai perjanjian dagang.
A   A   A   Pengaturan Font

ABU DHABI – Pemerintah Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) melakukan 16 perjanjian kerja sama yang terdiri atas lima perjanjian antarpemerintah di bidang keagamaan, pendidik­an, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme.

Kemudian, 11 perjanjian di bidang bisnis antara lain di bi­dang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi sebesar 22,89 miliar dollar AS atau sekitar 314,9 trili­un rupiah. “Saya sangat sambut baik, hari ini 16 perjanjian kerja sama dapat dilakukan,” kata Presiden Jokowi sebagaimana keterangan dari Biro Pers.

Hal itu disampaikan Presi­den Jokowi saat mengadakan pertemuan bilateral dengan Pu­tra Mahkota Abu Dhabi dan Wa­kil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata PEA, Mohamed bin Zayed, di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan, di Abu Dhabi, PEA, Minggu (12/1) sore.

Presiden menegaskan Indo­nesia juga ingin menjadikan PEA sebagai mitra dalam pendidikan Islam yang modern, moderat, dan penuh toleran. “Hal ini sa­ngat penting artinya bagi upaya mencegah ektremisme dan te­rorisme,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden lalu menyampai­kan apresiasi yang tinggi ke­pada Putra Mahkota Mohamed Bin Zayed atas dukungan dan bantuan dalam pembangunan masjid dan Islamic Center di Kota Solo dan pemberian tanah dan gedung bagi Kedutaan Be­sar Republik Indonesia di PEA.

Sementara itu, Putra Mahko­ta Mohamed bin Zayed juga me­nyampaikan bahwa Islam ada­lah agama yang mengajarkan kedamaian. “Islam tidak pernah mengajarkan terorisme. Islam selalu mengedepankan keda­maian,” ujar Putra Mahkota.

Putra Mahkota Mohamed bin Zayed menambahkan bahwa Indonesia adalah ne­gara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Karena itu, Islam di Indonesia dapat men­jadi contoh Islam yang damai.

Dana Abadi

Di tempat yang sama, Men­teri Koordinator bidang Kema­ritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan pada 10–11 Februari 2020 akan berkumpul sejumlah negara termasuk UEA di Abu Dhabi yang memiliki dana abadi atau sovereign wealth fund (SWF) untuk kemudian berencana masuk ke Indonesia.

“Mereka akan masuk ke Indonesia melalui sovereign wealth fund,” kata Luhut. Untuk itu, Indonesia melalui Menteri BUMN saat ini sedang mulai menyiapkan regulasi atau aspek Undang-Undang yang lebih ramah kepada inves­tasi. “Termasuk juga Abu Dhabi mereka akan hired lawyer yang sama untuk melakukan evalu­asi apakah ini sudah betul-bet­ul friendly investor,” katanya.

Namun, Luhut menegaskan agar hal itu kemudian tidak disalahtafsirkan oleh sejumlah pihak. “Jangan juga ditafsirkan kita seperti mau bebas tidak, Putra Mahkota UEA melalui adiknya mengingatkan po­koknya yang ‘lead‘ harus Indo­nesia, mereka akan bantu. Jadi, ini satu tawaran yang sangat bagus sekali,” katanya.

Secara umum, Luhut me­ngatakan kerja sama dengan UEA cukup berhasil dengan menorehkan deal yang cukup besar atau sekitar 22,89 miliar dollar AS. fdl/AR-2

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Selasa 14/1/2020 | 20:50
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys...


Submit a Comment