Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments

Triliuner Selalu Berani Menghadapi Rintangan

Triliuner Selalu Berani Menghadapi Rintangan
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Sukses dan Kaya Raya Miliader Dunia
Penulis : Frendy Susilo
Penerbit : Laksana
Cetakan : I, 2018
Tebal : 216 hal
ISBN : 978-602-407-490-6

Mewujudkan kesuksesan butuh proses panjang dan berat. Hanya orang yang berani bisa mencapainya. Itulah pela­jaran terpenting dari kisah perjalanan orang-orang biasa yang kemudian berhasil menjadi miliader atau trili­uner. Pergolakan batin, keberanian, perjuangan tak kenal menyerah, dan pengorbanan selama proses dirang­kum dalam buku ini.

Chairul Tanjung, misalnya, meng­awali usahanya dari nol. Berulang kali gagal di berbagai bidang usaha, seperti jualan buku, kaos, fotokopi, peralatan kedokteran, sampai menjadi kontraktor. Dia baru berhasil ketika mengambil-alih kepemilikan Bank Mega. Bank kecil yang hampir gulung tikar itu disulap menjadi bank besar dan akhirnya menjadi pilar penting bagi CT Corp, perusahan induk yang membawahi berbagai perusahaan mi­liknya. Pengusaha yang sering disebut Si Anak Singkong ini dinobatkan orang terkaya ke-4 Indonesia dengan total uang 32,3 triliun rupiah (hal 28–38).

Kesuksesan juga akhirnya berhasil dicapai Yasa Singgih, pendiri Men’s Republic, setelah kenyang kegagalan. Ia mulai terjun ke dunia bisnis sejak masuk SMA seperti berbisnis lampu hias, fesyen, dan kafe. Semua gagal. Dia baru sukses lewat Men’s Repub­lic, sebuah brand penyedia seluruh kebutuhan pokok laki-laki di mana 90 persen produknya sepatu pria. Dari usaha ini, Yasa bisa mendapat laba bersih hingga 40 persen. Omzetnya ratusan juta rupiah. Dia mendapat berbagai penghargaan nasional dan internasional (hal 44–53).

Andrew Darwis, pendiri Kaskus, juga sesukses Yasa Singgih. Ketika aw­al-awal dirilis, pertumbuhan Kaskus sangat lamban. Dalam seminggu hanya memperoleh paling banyak tiga orang. Tidak adanya kemajuan dan ke­untungan menyebabkan dua rekannya memutuskan mundur. Andrew terus berusaha mengembangkan. Berkat kegigihannya, Kaskus akhirnya diper­caya klien-klien besar hingga menjadi perusahaan profesional berbendera PT Darta Media Indonesia. Andrew mendapat berbagai penghargaan dan kaya raya (hal 64–70).

Buku ini juga memuat kisah peng­usaha besar mancanegara, sepeti Jeff Bezos. Pengusaha yang baru dinobat­kan sebagai orang terkaya sejagat ini memulai usahanya dengan mendiri­kan Amazon.com, yang awalnya hanya menjual buku. Kini Amazon menjual hampir semua barang mulai dari tisu toilet, perlengkapan dapur, fesyen, hingga peralatan rumah tangga.

Jeff membeli saham The Washing­ton dan perusahaan Whole Foods. Dia mendirikan Blue Origin, sebuah perusahaan yang bertujuan membuka wisata di luar angkasa. Kekayaan Jeff tahun 2018 mencapai 1.816,1 triliun rupiah (hal 114–120).

Keberhasilan juga dirasakan Jack Ma, founder Alibaba sebagai retailer online terbesar Tiongkok. Dia hanya kalah dari WalMart. Bukan itu saja, tahun 2014, Jack Ma melalui Alibaba melakukan Initial Publik Offering (IPO) di bursa saham New York. Nilai perusahaan itu pun meroket. Alibaba menjadi perusahaan internet terbesar ketiga yang tercatat di bursa saham se­telah Google dan Facebook. Keberhasil­an ini menempatkan Jack Ma di pering­kat 20 orang terkaya sedunia. Uangnya 585 triliun rupiah (hal 172–177).

Elon Musk, founder Tesla dan SpaceX, tak kalah sukses. Dengan ber­bagai capaian luar biasa dia berhasil menciptakan mobil listrik pertama dan mendirikan perusahaan teknologi antariksa serta ruang angkasa. Dia juga menciptakan sistem pembayaran online (PayPal) untuk seluruh dunia. Pengusaha muda ini menempati posisi 41 daftar orang terkaya dunia dengan uang 283 triliun rupiah (hal 182–183).

Masih banyak kisah orang luar bisa dalam buku ini. Kisah ini membukti­kan bahwa kesuksesan milik mereka yang tidak pernah menyerah mengha­dapi aneka rintangan. Diresensi Moh Romadlon, Lulusan MAN 2 Kebumen, Jateng

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment