Koran Jakarta | November 13 2018
No Comments

Transformasi Rumah Tua dalam Selera Muda

Transformasi Rumah Tua dalam Selera Muda

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Rumah tua tidak selamanya berkesan tua. Tetapi, rumah model tua dapat memiliki tampilan lebih muda. Warna kuning cerah mampu mengubah rumah lama terkesan lebih kini. Salah satunya rumah karya arsitek, Maricle Scalambro yang berada di Argentina. Seperti yang dilansir dariarchdaily. com. Rumah berdinding putih tebal tampil lebih anyar dengan salah satu daun pintu berwarna kuning.

Warna tersebut terlihat kontras dengan warna putih yang menjadi warna dinding dan hitam sebagai warna bingkai jendela maupun daun pintu. Sebelum arsitek melakukan intervensi, rumah tersebut dalam kondisi rusak total. Proyek remodeling dan restorasi rumah tua ini, merespons program perumahan individu sederhana untuk orang muda.

Fasad dan struktur asli dipertahankan untuk menjaga “kemurnian” bentuk. Namun untuk memperluas ruangan dan menciptakan aliran sirkulasi, beberapa bagian terpaksa dihilangkan. Sebagai contoh, ruang layanan yang berada di lantai atas yang memiliki akses ke teras dihancurkan.

Sementara, besi tangga digunakan kembali di perpustakaan yang berada di lantai mezzanine. Tiang-tiang tinggi sebagai ciri bangunan lama dianggap sebagai keuntungan. Dengan struktur tersebut, arsitek membuat mezzanine yang digunakan untuk tempat kerja maupun area tamu.

Di sisi lain, arsitek menggunakan dapur, kamar mandi dan ruang makan berfungsi sebagai pemisah antara area sosial dan area intim berikutnya yang menghadap ke teras. Dengan cara tersebut, komunikasi dari dapur dan area sosial lainnya dapat mengalir tanpa mengganggu privasi area pribadi. Warna kuning yang terdapat di salah satu daun pintu menjadi cara untuk membedakan rumah tersebut dengan rumah di sebelahnya. Hal tersebut supaya tidak terjadi keseragaman tanpa menghilangkan ketidakharmonisan.

Warna kuning dari daun pintu sekaligus sebagai penunjuk awal ruang-ruang yang berada di dalamnya. Bahwa rumah tersebut tidak lagi merupakan rumah lama melainkan telah bertransformasi dengan desain teranyar yang terkesan muda. Ruang tampil lebih lapang dan clean.

Sedangkan, warna kuning yang berpadu dengan warna putih dan coklat muda pada lantai sebagai penguat karakter jiwa muda dalam rumah tua. din/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment