Koran Jakarta | April 22 2019
No Comments

Tour de Singkarak Butuh Penyegaran

Tour de Singkarak Butuh Penyegaran

Foto : ANTARA/Iggoy el Fitra
A   A   A   Pengaturan Font

PADANG - Tour de Singkarak ke-10 yang akan digelar 2-10 Nofember 2019 butuh pe­nyegaran baik jalur maupun kreatifitas kese­nian pendukung agar tidak mem­bosankan bagi masyarakat.

“Kegiatan ini sebenarnya me­miliki dampak sangat bagus untuk memperkenalkan pariwisata Sum­bar. Namun memang butuh kreativitas untuk penyegaran,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian di Padang, Sabtu (23/3).

Penyegaran itu bisa berupa jalur etape maupun kegiatan pendukung pelaksanaan yang biasanya dimeriahkan dengan kesenian dan permainan anak nagari. Bisa juga pena­taan mekanisme buka-tutup jalan sehingga tidak dikeluhkan oleh para pengguna jalan yang akan melewati jalur balapan.

Buka-tutup jalan merupakan hal yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat Sumbar saat pelaksanaan TdS karena dinilai agak “keterlaluan”. Saat pebalap masih jauh, jalan sudah ditutup total hingga masyarakat harus menunggu cukup lama untuk bisa me­lewati jalan tersebut.

Lini massa di media sosial akan dipenuhi keluhan, ungkapan satire bahkan umpatan, terutama bagi mereka yang terimbas penu­tupan jalan. Selain itu masyarakat yang me­nonton cenderung menurun, tidak terlalu antusias seperti pelaksanaan TdS pada masa-masa awal.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit da­lam beberapa pertemuan menyebut Tour de Singkarak adalah harga diri Sumbar yang ti­dak boleh terhenti pelaksanaannya meski ti­dak ada lagi dukungan pendanaan dari pusat seperti dulu.

Provinsi dan kabupaten/kota harus mak­simal memberikan dukungan anggaran dan kegiatan pendukung agar Tour de Singkarak terus menjadi even internasional dari Ranah Minang.

Pada TdS 2019 kemungkinan akan ada pe­nyegaran dari segi jalur etape yang bisa saja melibatkan kabupaten/kota di Provinsi Jam­bi. Jalur Kawasan Mandeh yang eksotis juga akan turut disurvei tim untuk menentukan kelaikan untuk masuk dalam jalur balapan. Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment