Koran Jakarta | October 21 2019
No Comments
LINTAS NEGARA

Topan Hagibis Ganggu Transportasi di Jepang

Topan Hagibis Ganggu Transportasi di Jepang

Foto : AFP/ WILLIAM WEST
TOPAN DI JEPANG | Sebuah monitor memperlihatkan peta arah pergerakan Topan Hagibis yang akan menerjang Jepang pada Sabtu (12/10). Akibat datangnya topan dahsyat ini, sejumlah jadwal pertandingan olah raga internasional di Jepang dibatalkan dan ditunda pelaksanaannya.
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Dinas Cuaca Jepang pada Kamis (10/10) men­gumumkan bahwa terjangan topan dahsyat Hagibis akan menerpa daratan Jepang pada Sabtu (12/10) ini dan to­pan itu berpotensi akan menyebabkan kerusakan pada ar­ea yang amat luas.

“Topan berdimensi amat luas itu sangat berbahaya apa­lagi memiliki embusan angin hingga maksimal diatas 270 kilometer per jam,” kata dinas itu.

Selain akan menimbulkan kerusakan, Topan Hagibis di­pastikan akan mengganggu jadwal transportasi terutama perjalanan udara di Jepang dan jadwal perjalanan kereta reguler dan kereta peluru sepanjang akhir pekan nanti.

Selain itu datangnya topan dahsyat itu diperkirakan akan menggganggu jadwal pelaksanaan dua kualifikasi tur­namen internasional rugby yang memperebutkan Piala Du­nia antara Inggris vs Prancis yang digelar di Kota Yokohama dan Selandia Baru vs Italia di Kota Toyota di Prefektur Aichi, serta jadwal kualifikasi Formula 1 di Sirkuit Suzuka.

Menurut Pusat Peringatan Topan Bersama AS-Jepang, Hagibis merupakan topan ke-19 yang menerjang Jpenag dan yang terkuat embusannya sepanjang 2019 sehingga bi­sa diklasifikasikan sebagai topan super setara dengan to­pan kategori 5. SB/AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment