Koran Jakarta | June 27 2019
2 Comments
SAINSTEK

Tomat dengan Antioksidan yang Disempurnakan

Tomat dengan Antioksidan yang Disempurnakan

Foto : ISTIMEWA
Para peneliti berhasil mengidentifikasi strategi untuk meningkatkan meningkatkan kandungan vitamin E yang ada pada buah tomat.
A   A   A   Pengaturan Font
Peningkatan komponen pendukung kesehatan pada tanaman pangan merupakan area penelitian yang sangat penting.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan para ilmuwan dari Hong Kong University (HKU) berhasil mengidentifikasi sebuah strategi baru bidang pertanian. Dimana secara bersama-sama mampu meningkatkan vitamin E dan vitamin A serta lycopen dalam tomat hingga enam kali lipat.

Temuan ini diharapkan dapat mendukung upaya kesehatan masyarakat dengan meningkatkan kandungan vitamin-vitamin tersebut dalam buah tomat termasuk lycopen yang terkait dengan peningkatan sifat antioksidan pada buah tomat. Penelitian ini merupakan sebuah proyek kerjasama antara para ilmuwan di Hong Kong University (HKU dengan ilmuan di Institut de Biologie Moléculaire des Plantes (CNRS, Strasbourg, Prancis).

Para peneliti berhasil mengidentifikasi sebuah strategi baru, dimana secara bersamaan mereka mampu meningkatkan meningkatkan kandungan vitamin E yang ada pada buah tomat yang selama ini berperan dalam mendukung kesehatan.

Selain vitamin E, buah tomat yang dikembangkan oleh para ilmuan ini juga memiliki kandungan provitamin A, enam kali lipat lebih banyak, termasuk lycopene yang dapat meningkatkan sifat antioksidan pada tomat secara signifikan. Tim penelitian ini memanipulasi jalur isoprenoid tanaman melalui pemanfaatan varian 3-hydroxy-3- methylglutaryl-coenzyme A synthase (HMGS).

Ekspresi berlebihan HMGS pada tomat meningkatkan tidak hanya fitosterol, squalene, provitamin A dan lycopene, tetapi juga vitamin E (E-tocopherol) sebesar 494 persen. DNA HMGS yang digunakan dalam eksperimen ini berasal dari tanaman pangan, Brassica juncea (mustar India), yang menghasilkan daun, batang dan biji yang dapat dimakan.

Biji dari tanaman tersebut selama ini digunakan dalam produksi minyak nabati. Sebelumnya, kelompok penelitian ini melaporkan bahwa varian HMGS rekombinan S359A (di mana residu asam amino “serin” pada posisi 359 dialihkan ke “alanin”) menunjukkan aktivitas enzim 10 kali lipat lebih tinggi.

Aplikasi S359A pada tanaman model Arabidopsis meningkatkan kandungan fitosterol. Kini, kelompok penelitian telah memperkenalkan S359A ke dalam tanaman tomat. Meskipun tidak ada perbedaan dalam penampilan dan ukuran buah tomat yang ditransformasikan, total karotenoid termasuk provitamin A dan lycopene dalam tomat hasil rekayasa ini meningkat secara drastis.

Peningkatan provitamin A dan Lycopne masingmasing sebesar 169 persen dan 111 persen. Peningkatan ini diamati dengan peningkatan warna ekstrak karotenoid yang lebih pekat pada tomat S359A dari pada kontrol. Selanjutnya, ekstrak karotenoid ini menunjukkan aktivitas antioksidan 89,5-96,5 persen lebih tinggi daripada kontrol.

Selain karotenoid, tomat yang ditransformasikan menunjukkan peningkatan vitamin E (E-tocopherol, 494 persen), squalene (210 persen), dan fitosterol (94 persen). Pengamatan ini dikaitkan dengan peningkatan ekspresi gen pada jalur isoprenoid. Profesor Chye Mee-len yang memimpin penelitian ini mengatakan, peningkatan komponen pendukung kesehatan pada tanaman pangan merupakan area penelitian yang sangat penting.

Tuntutan ini sejalan dengan aspirasi Dr. Wilson dan Amelia Wong mengenai penggunaan bioteknologi tanaman untuk masa depan yang berkelanjutan. Komponen kesehatan dalam tanaman pangan akan memberi nilai tambah pada buah dan sayuran sebagai makanan untuk manusia. Termasuk juga memperkaya pakan ternak dan akuakultur.

“Dr Wang Mingfu menambahkan bahwa ekstrak dengan asam fitosterol yang diperkaya, vitamin E dan karotenoid dapat digunakan dalam produksi krim anti penuaan dan lotion perawatan sinar matahari. Senyawa ini menunjukkan aktivitas antiinflamasi dan antioksidan yang sangat baik,” kata Mee Len. 

 

nik/berbagai sumber/E-6

View Comments

Sehani
Sabtu 17/2/2018 | 05:45
www.sehani.com/cara-memutihkan-badan-dengan-tomat
Sehani
Sabtu 17/2/2018 | 05:44
Informasi yang sangat bagus tentang buah tomat, bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan ternyata bermanfaat juga untuk kecantikan.
Terima kasih infonya.

Submit a Comment