Tokyo Layangkan Protes ke Beijing | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 20 2017
No Comments
Sengketa LTT I Tiongkok Terbangkan “Drone” Dekat Kepulauan Sengketa

Tokyo Layangkan Protes ke Beijing

Tokyo Layangkan Protes ke Beijing

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sengketa di Laut Tiongkok Timur kembali menghangat. Pemicunya yaitu diterbangkannya pesawat nirawak oleh Tiongkok dekat wilayah kepulauan yang dipersengketakan.

TOKYO – Pemerintah Jepang melayangkan nota protes pada Tiongkok pada Kamis (18/5). berdasarkan keterangan resmi Tokyo, protes ini dipicu setelah empat unit kapal penjaga pantai Tiongkok terendus memasuki kawasan teritorial perairan dekat kepulauan sengketa di Laut Tiongkok Timur (LTT) dan sebuah pesawat nirawak (drone) terbang dekat salah satu kapal milik Tiongkok tersebut.

“Ini pertama kalinya terlihat ada penerbangan (drone) dekat kepulauan sengketa yang berhasil dideteksi para pejabat di Jepang. Sejak tahun ini kapal penjaga pantai Tiongkok telah melakukan 13 kali pelanggaran penyusupan ke wilayah perairan yang dipersengketakan,” demikian pernyataan Dinas Penjaga Pantai Jepang.

Jepang dan Tiongkok telah lama mempersengketakan kepulauan kecil dan tak berpenghuni bernama Senkaku atau disebut sebagai Kepulauan Diaoyu oleh Tiongkok. Saat ini kepulauan Senkaku dikuasai Jepang, namun juga diklaim kepemilikannya oleh Beijing.

Nota protes itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Biro Hubungan Asia dan Oseania di Kementerian Luar Negeri Jepang, Kenji Kanasugi, lewat sambungan telepon ke kantor Kedutaan Tiongkok di Tokyo.

“Kepulauan Senkaku adalah bagian dari teritorial Jepang dan penyusupan ke wilayah teritorial perairan di sekitarnya oleh kapal milik pemerintah Tiongkok sama sekali tak bisa kami terima,” demikian pernyataan seorang pejabat di Kementerian Luar Negeri Jepang.

“Yang patut ditekankan yaitu adanya dugaan penerbangan drone. Kami mengajukan nota protes keras atas terjadinya peningkatan situasi ketegangan unilateral yang disebabkan oleh Tiongkok ini,” imbuh dia.

Atas nota protes Jepang itu, pihak Kedutaan Besar Tiongkok berkilah dengan menyatakan secara berulang kali bahwa aksi Tiongkok itu dilakukan di kawasan teritorialnya.

Beijing selalu mengabaikan protes dari Jepang atas patroli yang dilakukan kapal-kapal penjaga pantai Tiongkok dengan menyatakan kapal-kapal mereka memiliki hak untuk beroperasi di kawasan perairan yang diklaim milik Tiongkok.

Kunjungan Laksamana AS

Sehari sebelumnya yaitu pada Rabu (17/5) dilaporkan bahwa kepala Komando Kawasan Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), Laksamana Harry Harris, melakukan kunjungan untuk pertama kalinya ke stasiun radar Jepang yang berada paling dekat dengan kawasan perairan sengketa di LTT. Stasiun radar ini diresmikan tahun lalu dan sempat membuat berang Tiongkok.

“Laksamana Harry Harris berkunjung ke Unit Observasi Tepi Pantai Yonaguni yang ada di ujung paling selatan Kepulauan Ryukyu atas undangan Kepala Staf Pasukan Bela Diri Jepang, Laksamana Katsutoshi Kawano,” demikian keterangan Komando Kawasan Pasifik AL Amerika Serikat.

Dijelaskan, kunjungan Laksamana Harris semakin mempertegas pentingnya kerja sama militer bilateral untuk merespons potensi ancaman serangan senjata nuklir dan misil balistik Korea Utara. Rtr/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment