Koran Jakarta | August 20 2019
No Comments

Tips Mudah Bersihkan Rumah Jelang Lebaran

Tips Mudah Bersihkan Rumah Jelang Lebaran

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Lebaran kian dekat. Tak ada salahnya kegiatan bersih – bersih rumah dilakukan secara menyeluruh. Yakni mulai dari dapur, kamar mandi, halaman rumah, teras, dan ruangan-ruangan lain. Sehingga nantinya tatkala datang Lebaran Idul Fitri, rumah sudah da­lam keadaan bersih.

Dengan membersihkan rumah dan merapikannya, niscaya pemilik rumah akan lebih siap dalam me­nyongsong Lebaran dengan kondisi rumah yang bersih. Hal ini akan po­sitif karena dapat membuat hati dan pikiran lebih jernih.

Menurut desainer interior dari Architectaria, Ari, jika memiliki mushala atau ruangan yang khu­sus didedikasikan untuk sholat di rumah, maka ruangan ini perlu diberi perhatian spesial dengan cara membersihkannya secara me­nyeluruh. Misalnya, mencuci karpet, hingga mencuci seluruh alat sholat (mukena, sajadah, dan peci), lalu menggantinya dengan alat sholat lain yang sudah dicuci.

Bersihkan juga area wudhu yang biasanya tak jauh dari mushala ini. Misalnya dengan menyikat lantainya untuk menghilangkan lumut. Jika tempat ibadah sudah dalam keada­an bersih, niscaya beribadah akan lebih tenang.

Persiapan Lebaran pada ruang dapur juga penting. Keluarkan dan bersihkan peralatan masak yang se­lama ini jarang digunakan. Lebaran identik dengan menyantap hidang­an yang lezat yang jarang atau bah­kan tidak disajikan di hari biasa.

Hidangan ini biasanya memerlu­kan peralatan masak khusus, misal­nya, dandang dan kukusan ukuran besar, pisau besar untuk memotong daging, hingga teko untuk me­nyeduh teh. Jika biasanya peralatan ini hanya disimpan dalam kabinet, maka kini kita perlu mengeluarkan­nya dan membersihkannya.

Kita juga perlu melihat kondisi peralatan masak tersebut, apakah alat masak ini masih layak diguna­kan atau tidak. Kemudian, bersihkan juga seluruh sudut dapur, mulai dari kabinet, meja konter, kompor, dan lantai dapur.

Kamar Mandi

Kamar mandi kerap disebut seba­gai area yang paling tidak higienis. Maka, untuk menilai tingkat keber­sihan seseorang, biasanya ditinjau dari bersih atau tidaknya kamar mandi di rumahnya.

Dengan demikian, kita harus selalu menjaga kebersihan kamar mandi, termasuk dalam rangka me­nyambut Lebaran ini. Salah satunya dengan menggosok seluruh lantai kamar mandi, bath up, toilet, dan bak penampungan air.

Kita perlu menguras bak penam­pung ini cukup sering, minimal seminggu sekali, agar tak menjadi tempat bersarangnya jentik – jentik nyamuk. Cermin dan wastafel di kamar mandi juga perlu dilap dan dibersihkan.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga atau ruang tamu adalah tempat bekumpulnya se­luruh anggota keluarga, biasanya sembari menonton TV atau makan bersama. Untuk itu, ruangan ini cukup sering digunakan dan ten­tunya akan semakin mudah kotor, mulai dari remah – remah makanan hingga tumpahan air minum.

Pemilik rumah perlu membersi­hkannya mulai dari menyapu dan mengepel seluruh lantai. Aksesoris dan dekorasi misalnya benda – benda keramik atau pajangan yang sudah lama dipajang tentu akan berdebu , untuk itu perlu dilap de­ngan menggunakan kain basah. Se­lain itu, karpet yang biasa digunakan untuk lantai juga tak luput untuk dibersihkan.

Atau jika Anda menghadirkan sofa di ruangan ini, Anda mungkin juga perlu mengganti sarung bantal sofa. Tak hanya itu, gorden dan taplak meja juga perlu dicuci dan diganti dengan gorden dan taplak meja yang bersih. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment