Koran Jakarta | June 24 2019
No Comments

Tips Minta Naik Gaji

Tips Minta Naik Gaji
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, mohon tipsnya untuk minta kenaikan gaji pada atasan.

Jawaban:

Yakin, Anda ingin minta ke­naikan gaji ke atasan? Pastikan dulu beberapa hal ini sebelum Anda melakukan penawaran kepada pimpinan! Alasan Jelas

Apa alasan jelas yang mem­buat Anda berani meminta kenaikan gaji. Jangan sampai Anda menjadi bulan-bulanan atasan karena permintaan Anda sangat tidak masuk akal. Misalnya, Anda baru mene­rima kenaikan gaji tahunan atau Anda masih dalam masa percobaan.

Masa Kerja

Apakah sudah waktunya bagi Anda untuk mendapatkan kenaikan gaji? Apakah masa kerja Anda sudah cukup un­tuk mendapat kenaikan gaji? Coba amati kembali aturan kerja Anda, apakah memang ada aturan yang menyebutkan adanya kenaikan gaji karya­wan secara perkala. Ini perlu Anda pastikan karena setiap perusahaan memiliki peratur­an berbeda perihal kenaikan gaji.

Kerja Beres

Anda merasa sudah me­lakukan pekerjaan sebaik-baiknya. Bahkan perusahaan mengalami kemajuan pesat semenjak Anda memegang beberapa proyek. Ini bukan hanya perasaan Anda semata, atasan jelas-jelas memberikan pujian atas prestasi tersebut.

Janji Tertunda

Atasan pernah secara langsung menjanjikan bakal memberikan kenaikan gaji dan fasilitas. Jika memang demi­kian, tidak ada salahnya Anda mengingatkan atasan atas apa yang pernah diucapkannya tersebut. Lain hal jika atasan tidak pernah berjanji apa-apa.

Baca Situasi

Bisa jadi Anda cukup pantas untuk menerima kenaikan gaji—dan atasan sudah be­rencana untuk menaikkan gaji tapi ini bisa tertunda jika Anda tidak lihai membaca situasi. Misalnya ketika mood atasan tidak baik, sehabis meeting yang melelahkan atau baru saja sampai di kantor Anda lang­sung menodongnya dengan pertanyaan karier. Wajar jika atasan menolak dan berang.

Keuangan

Memang sudah saatnya Anda naik gaji tetapi kondisi keuangan perusahaan yang saat ini tidak stabil membuat rencana kenaikan gaji Anda tertunda. Anda perlu cerdas juga membaca situasi kantor. Terkadang masalah bukan pada Anda tetapi pada perusa­haan yang belum memungkin­kan untuk menaikkan gaji.

Standard Kenaikan

Jangan sampai salah me­minta angka. Sebelum masuk ke pintu ruangan atasan, pas­tikan Anda sudah mengetahui angka sesuai yang cocok untuk diajukan ke atasan. Jangan terlalu tinggi ataupun kerenda­han. Anda bisa mencari infor­masi terlebih dahulu standard kenaikan di kantor Anda.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment