Koran Jakarta | November 19 2018
No Comments

Tips Mencari Lowongan Kerja di Internet

Tips Mencari Lowongan Kerja di Internet
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, mohon tips-tips untuk mencari kerja di internet.

Jawaban:

Pada awal tahun ini, kolumnis New York Times, Thomas Friedman, mewawan­carai wakil presiden senior divisi operasional Google, Laszlo Bock. Dia adalah orang yang bertanggung jawab mempekerjakan dan meng­urus keperluan dari seluruh tenaga kerja berkualitas di perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut. Demi me­muaskan rasa ingin tahunya, Friedman ingin memahami secara lebih mendalam, se­perti apa proses perekrutan di perusahaan raksasa, Google.

Baru-baru ini, Friedman kembali duduk dan berbin­cang bersama Bock untuk mencari tahu saran atau ma­sukan apa yang bisa diberikan kepada semua pencari kerja, bukan hanya mereka yang sedang berusaha untuk dapat diterima bekerja di Google. Semua orang tidak hanya sekedar ingin bisa bekerja di perusahaan raksasa teknologi tersebut, tetapi juga ingin mengetahui bagaimana tim rekrutmen Google meng­evaluasi dan menyeleksi para tenaga kerja yang ingin memiliki karir di perusahaan terkenal tersebut.

Sebagai salah satu orang penting di perusahaannya, Laszlo Bock memberikan beberapa pandangan tentang bagaimana dirinya meli­hat serta mengevaluasi CV dari para pelamar, dan dari pandangannya tersebut, ada beberapa tips yang dianggap paling penting dan berman­faat bagi para pencari kerja atau jobseeker dalam mencari dan melamar suatu lowong­an pekerjaan melalui proses pencarian secara online.

Tips Mencari Lowongan Kerja Melalui Internet

  1. Buat Resume Terbaik

Menurut Bock, ketika membuat resume, sebaik­nya Anda mencantumkan dan menjelaskan secara detil seputar kemampuan serta pencapaian apa saja yang telah Anda dapatkan selama bekerja. Seorang manajer atau user akan memperhatikan se­tiap detil tentang pengalaman Anda dalam bekerja.

  1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

“Ketika menjalani sesi wanwancara atau interview, kebanyakan orang sering mengalami kesulitan ketika harus menjelaskan, secara eksplisit tentang bagaimana proses berpikir mereka -Se­perti bagaimana mereka bisa melakukan sesuatu secara maksimal? ”

Bock mengatakan dengan sangat jelas tentang pihak perusahaan akan memper­tanyakan kemampuan dan ke­untungan apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan apabila Anda diterima be­kerja di perusahaan tersebut, maka sebaiknya Anda mampu mengkomunikasikan semua itu dengan sangat baik.

  1. Kreativitas + Logika = Pe­kerja Diinginkan

Anda mungkin tidak bisa membayangkan bagaimana perusahaan raksasa teknologi seperti Google selalu berhasil menggali kemampuan kreati­fitas dan kemampuan logika setiap karywannya. Bock mengatakan bahwa seseorang dengan keseimbangan yang tepat dari kedua hal tersebut, kreativitas dan logika, adalah keunggulan atau kualitas yang langka.

  1. Membuat hasil maksimal setelah lulus dari perguruan tinggi

Bock menyatakan,” Hal per­tama dan yang paling penting adalah upaya untuk membuat keputusan yang gamblang dan tidak berbelit-belit, terutama seputar keinginkan terbesar Anda. Sampai di sana, Bock mengatakan pastikan bah­wa Anda mendapatkan tidak hanya pengetahuan, tetapi ke­terampilan yang akan dihargai di tempat kerja saat ini.

Pada dasarnya, ekspektasi yang terlihat akan menjadi spesifik. Apa yang telah Anda lakukan? Apa yang dapat Anda lakukan? Apa yang akan Anda lakukan?

Melihat dari hal tersebut, kita bisa mencoba untuk dapat melihat salah satu hala­man website yang menyedia­kan informasi pekerjaan dari berbagai macam profesi dan kategori. Website yang user friendly dan dengan konten yang menarik tentang psikolo­gi dunia kerja bisa membuat kita menjadikan website ini sebagai salah satu rekomen­dasi website informasi kerja di internet.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment