Koran Jakarta | August 20 2019
No Comments

Tips Lolos Seleksi Wawancara “Online “

Tips Lolos Seleksi Wawancara “Online “
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, bagaimana agar kita sukses mengikuti tes wawancara online?

Jawaban:

Pada zaman serba digital seperti saat ini, berbagai macam hal bisa dipermu­dah. Bahkan, dalam proses rekrutmen pekerja, banyak perusahaan yang memilih melakukan wawancara jarak jauh secara online. Sebab hal ini memudahkan calon kar­yawan yang ada di luar kota atupun luar negeri untuk mendapatkan kesempatan wawancara pekerjaan.

Tak hanya menghemat biaya dan waktu, tetapi seleksi online ini akan men­jaring lebih banyak lagi calon pekerja dari berbagai daerah. Biasanya wawancara online ini memanfaatkan media Skype untuk wawancara jarak jauh. Meskipun tidak dilaku­kan secara tatap muka, bukan berarti wawancara online mudah saja dilakukan.

Bahkan, banyak sekali tan­tangan dan gangguan yang mungkin bisa saja terjadi selama proses wawancara. Jika Anda berniat melakukan wawancara online, pelajari trik-trik ini untuk memban­tu Anda lolos seleksi, seperti dikutip dari Cermati.com:

  1. Cek Apakah Koneksi Internet dan Sarana Pendu­kung Lainnya Siap Diguna­kan

Hal pertama yang per­lu Anda persiapkan adalah koneksi internet yang stabil dan sarana pendukung lain­nya dalam kondisi yang baik. Hal ini untuk mencegah tidak terjadinya gangguan teknis komunikasi.

Untuk memberikan kesan profesional, siapkan alat pendukung presentasi sebaik mungkin. Mulai dari gadget yang digunakan, speaker atau headset, aplikasi pendukung video, pencahayaan, hingga lainnya yang dapat meme­ngaruhi kualitas wawancara online.

  1. Pilih Lokasi yang Tepat

Pilihlah lokasi atau tempat untuk wawancara online. Tidak ada batasan di mana Anda bisa melakukan wawancara online. Anda bisa memanfaatkan tempat mana pun untuk digunakan seba­gai background wawancara asalkan terlihat rapi dan jauh dari keramaian.

Hindari public acces, semisal kafe, restoran, dan lainnya. Sebab akan ba­nyak gangguan yang bisa mengganggu kelancaran wawancara online yang Anda lakukan. Coba pilihlah lokasi yang netral. Jika per­lu, gunakan latar belakang dinding sebuah ruangan sehingga menghindari ada­nya gangguan-gangguan dari orang yang lewat.

  1. Sekalipun Dilakukan On­line, Tetap Harus Menjaga Penampilan

Meskipun dilakukan se­cara online, tetap perhatikan penampilan Anda. Sesuaikan pakaian yang Anda gunakan dengan karakter dari per­usahaan tersebut. Dengan begitu, nantinya Anda terke­san lebih profesional. Atau se­tidaknya gunakan baju formal layaknya wawancara tatap muka. Usahakan untuk tetap berdandan, berbusana yang rapi, sopan, dan formal agar menjadi nilai plus tersendiri.

  1. Atur Posisi Duduk demi Kenyamanan Selama Wawancara

Sebelum melakukan video call, pastikan posisi duduk Anda sudah berada dalam posisi yang nyaman. Perta­ma, posisikan kamera agar wajah Anda nantinya dapat terlihat jelas. Usahakan agar pihak pewawancara dapat melihat Anda setengah ba­dan ataupun sebatas siku. Duduk dengan tenang dan tegak, tapi jangan sampai ter­lalu dekat.

Meskipun wawancara di­lakukan secara online, sedikit kemungkinan untuk bisa melakukan eye contact. Na­mun, tetap saja bahasa tubuh Anda akan dinilai untuk bisa menentukan kesuksesan wawancara. Tetap tersenyum dan jaga intonasi bicara sejelas mungkin.

  1. Jangan Memandangi Diri Terus-Menerus

Sebisa mungkin hindari untuk memandangi diri secara terus-menerus pada layar monitor. Anda bisa mencoba untuk memandang pihak pewawancara, tetapi tanpa harus memandangi diri. Jika Anda melakukan kebiasaan buruk ini secara terus-menerus, nantinya da­pat membuat Anda terkesan kurang berkosentrasi saat menjawab pertanyaan.

  1. Miliki Rencana Cadangan

Sebelum melakukan wawancara, ada baiknya jika Anda memiliki ren­cana cadangan. Hal ini guna mengantisipasi jika terjadi gangguan saat wawancara terjadi. Akan lebih baik untuk mencatat email dan nomor telepon pihak pewawan­cara terlebih dahulu untuk mengantisipasi jika koneksi internet terputus saat inter­view sedang berlangsung ataupun gangguan-gangguan lainnya.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment