Koran Jakarta | August 18 2017
4 Comments

Tips Anti Mati Gaya Saat Gadget Kehabisan Kuota

Tips Anti Mati Gaya Saat Gadget Kehabisan Kuota

Foto : Grid.ID
A   A   A   Pengaturan Font

Smartphone, tablet, atau gadget secanggih apa pun tidak terasa berguna, bila hanya memiliki pulsa. Masyarakat masa kini membutuhkan kuota yang bisa digunakan untuk menelepon, mencari informasi, melakukan komunikasi online lewat media sosial, serta menyelami dunia maya di internet. Saking pentingnya kuota internet, sebagian orang menyebutnya sebagai salah satu sumber kehidupan.

Contohnya, apakah Anda yang khususnya tinggal di perkotaan dengan jaringan internet super kencang bisa menjalani waktu seminggu tanpa kuota internet? Jika bisa, selamat, berarti Anda bukan orang yang terlalu bergantung pada gadget. Namun, jika jawaban Anda adalah “tidak”, tenang saja karena ada ratusan, bahkan ribuan orang di luar sana merasakan hal yang serupa.

Hidup seakan mati gaya bila gawai habis kuota internet. Hampir semua operator jaringan memberikan notifikasi ketika kuota akan habis atau mendekati masa tenggang. Namun, seringkali orang-orang mengabaikan hal itu dan baru kebingungan saat benar-benar tidak ada kuota internet. Lalu, apa solusinya?

Tentunya, Anda perlu segera membeli paket kuota atau mengisi pulsa terlebih dahulu. Ada banyak alternatif cara yang dapat Anda pilih, namun yang paling mudah dan praktis adalah dengan membeli pulsa online di situs Traveloka atau yang sebagainya.

Tapi, bagaimana bila tidak bisa segera mengisi kuota internet? Misalnya, saat Anda tidak memiliki cukup bujet untuk mengaktifkan paket kuota, sedang dalam perjalanan, atau jaringan tidak stabil?

Jika Anda pernah mengalami hal tersebut atau ingin berjaga-jaga agar tak mengalami hal serupa, yuk, simak sejenak ulasan berikut! Di bawah ini, ada beberapa tips anti mati gaya saat gadget Anda kehabisan kuota.

Bersosialisasi dengan Lingkungan Sekitar

Jangan sedih, galau, dan bingung sendiri. Gadget yang kehabisan kuota, bahkan pulsa bisa menjadi kesempatan Anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar secara optimal. Anda bisa mengobrol dengan keluarga, saudara, atau teman terdekat.

Bersosialisasi secara ‘offline’ ini pun sama serunya dengan saat Anda menggunakan aplikasi media sosial atau chatting. Kelebihan dari berkomunikasi secara langsung adalah Anda bisa melihat ekspresi lawan bicara dengan jelas dan tak perlu waktu lama untuk menunggu respon dari lawan bicara.

Bersosialisasi pun bisa membunuh waktu dan membuat Anda lupa sejenak mengenai dunia online dan paket kuota yang habis. Jadi, pastikan hidup Anda tetap berwarna, meski kuota internet telah habis dan belum sempat membeli.

Berburu Area Wi-Fi Kencang dan Gratis

Sedang sangat butuh internet, namun kondisi tidak memungkinkan untuk isi ulang saldo? Coba berburu area Wi-Fi kencang dan gratis di sekitar tempat tinggal Anda. Coba datangi minimarket, kafe, restoran, taman kota, atau ruang publik lainnya.

Saat ini, sudah sangat banyak tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis dengan kecepatan cukup kencang. Anda hanya perlu memilih tempat yang membuat diri merasa nyaman untuk internet-an. Jadi, Anda tak perlu resah dan khawatir berlebih saat gadget kehabisan paket internet.

Tonton Televisi atau Film

Malas bergerak untuk melakukan dua cara di atas? Anda bisa menyalakan televisi atau memutar film yang tersimpan di gadget. Dua hal ini sangat populer dulu, saat kecepatan internet masih lambat. Hal yang cukup seru dilakukan untuk melupakan kuota yang habis dan mengisi waktu luang.

Banyak program acara menarik di televisi yang bisa Anda tonton. Jika Anda tidak memiliki televisi, setidaknya Anda punya memutar video atau film favorit secara offline dari gadget kesayangan. Untuk menambah keseruan, coba ajak teman atau saudara di sekitar untuk menonton bersama dan siapkan kudapan.

Minta Bantuan Orang Terdekat

Bila Anda benar-benar tidak bisa lepas dari internet, maka saudara, kekasih, atau sahabat bisa jadi dewa penolong. Contohnya, saat pulsa dan kuota internet mendadak habis dan Anda tidak memiliki bujet untuk isi ulang. Coba minta bantuan atau meminjam sementara pada orang terdekat untuk mengisi ulang saldo. Prosesnya bisa secara online, misalnya dengan memanfaatkan aplikasi seperti Traveloka untuk isi ulang kuota.

Aplikasi online ini menawarkan kemudahan, kecepatan, kenyamanan, dan penghematan dalam mengisi ulang saldo atau kuota. Aplikasinya gratis dan bisa Anda unduh via Play Store dan iOS. Jika orang terdekat telah membantu Anda, jangan lupa untuk membalas kebaikannya dan melunasi pinjaman Anda, ya.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mati gaya karena gadget kehabisan kuota. Sebenarnya, masih banyak lagi ide yang bisa dilakukan, termasuk mendengarkan musik, bermain game offline, dan sebagainya. Jadi, jangan bersedih atau stres dalam keadaan ‘miskin kuota’. Lakukan apa saja yang Anda suka dan tetap membuat hari-hari penuh warna dan bahagia. Semoga bermanfaat!

View Comments

paket data termurah
Rabu 17/5/2017 | 09:45
Thanks yah, infonya. Jadi tau cara buat dapatin internet murah :D
Franda
Jumat 21/4/2017 | 15:19
Hahaha.. Berburu area wifi gratis lebih oke sambil cari tempat nongkrong kan..
khairil huda
Jumat 21/4/2017 | 15:15
waah.hebat yaaa. mau dong
sarah oktaviani
Jumat 21/4/2017 | 15:13
apa iya seperti itu?

Submit a Comment