Koran Jakarta | June 23 2017
1 Comment

Tip Sukses Berkarier untuk Wanita

Tip Sukses Berkarier untuk Wanita

Foto : KORAN JAKARTA
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, ketika baru tiga bu­lan bekerja, saya menikah dan ke­mudian memeliki anak. Sekarang, anak saya sudah tiga tahun dan saya ingin kembali bekerja. Mung­kinkah saya bisa mengejar ketinggal­an dan meraih sukses dalam karier? Novita, Tangerang

Jawaban:

Wanita ingin sukses dalam karier? Bisa! Saat ini, wanita dituntut untuk berperan lebih aktif. Jika karier men­jadi wadah mengembangkan bakat dan kreativitas Anda, jangan ragu untuk me­raih sukses dalam bidang ini.

Jika sekarang Anda masih belum pu­nya pijakan, berikut ini 7 tip agar karier Anda semakin maju dan sukses.

  1. Evaluasi Situasi Anda saat Ini

Semua orang punya masa yang naik turun dalam hidup. Kadang kita begitu bergairah dengan semua hal yang ada di depan mata, kadang kita berada dalam kondisi bosan dan enggan melakukan apa pun. Jika situasi tersebut sampai datang atau sedang Anda alami, ingatlah lagi pencapaian apa yang Anda inginkan. Ingatlah lagi sudah berapa persen pencapaian itu telah terwujud. Misalnya saja Anda memimpikan sebuah rumah, jika pencapaian Anda masih jauh, pompa lagi semangat Anda agar bosan dan malas sirna.

  1. Cari Tahu Apa yang Anda Kuasai

Banyak wanita yang menghabiskan energi pada kelemahan mereka atau terlalu banyak iri dengan rekan kerja mereka. Jangan sampai hal itu terjadi karena tenaga Anda akan habis di sana. Fokus pada apa yang Anda kuasai, apa yang menjadi kekuatan Anda. Jika Anda masih belum tahu, tanyakan pada rekan kerja Anda. Gunakan kekuatan itu untuk melang­kah ke depan.

  1. Minta Bantuan Orang Lain

Jangan ragu untuk mendapatkan bantuan dari orang lain, entah dengan membaca buku mengenai karier, mengikuti talk show atau meminta saran dari senior-senior Anda. Peng­alaman orang lain bisa menjadi pijakan Anda, terutama jika pengalaman kerja Anda masih sedikit. Dengan bantuan orang lain, Anda akan lebih mengerti “medan perang” dan le­bih bertanggung jawab.

  1. Jangan Menunggu

Sukses tidak datang sendiri jika Anda menunggu, Anda harus melakukan sesu­atu. Wanita sering berpikir untuk menunggu orang lain berbuat sesuatu untuk kemajuan kariernya. Misalnya menunggu manager meli­hat kemampuan Anda untuk promosi jabatan. Anda harus berani keluar dari zona nyaman. Tidak ada salahnya maju dan menunjukkan bukti prestasi kerja Anda pada manager, dari­pada menunggu saja.

  1. Fokus pada Tujuan

Banyak wanita yang fokus pada karier se­belum menikah dan memiliki anak. Setelah anak hadir, biasanya fokus mereka teralihkan. Fokus yang tidak sama ini membuat para wanita cenderung tidak lagi mengejar sukses dalam karier dan akhirnya menghasilkan prestasi yang datar. Jika Anda memang ingin memiliki pencapaian yang optimal, manfaat­kan waktu dan tetap fokus pada tujuan. Ketika di rumah fokus mengurus keluarga, dan ke­tika di kantor fokus lah pada karier.

  1. Tulis Ide Anda

Kadang, ide tidak keluar di kantor, tetapi keluar di tempat-tempat tak terduga. Jika saat di dalam bus Anda terpikirkan ide yang bisa berguna untuk sebuah proyek atau apa pun yang berhubungan dengan pekerjaan, segera tulis. Jangan menunggu atau berpikir Anda akan ingat, karena manusia punya kelemah­an untuk lupa. Segera tulis di notepad atau handphone Anda. Tulis singkat inti ide Anda. Kemudian kembangkan ketika situasi sudah memungkinkan.

  1. Jangan Lupa Kehidupan Pribadi

Banyak wanita yang terlalu gila kerja hing­ga melupakan waktu-waktu membangun kehidupan pribadi. Coba ingat, kapan terak­hir kali Anda kumpul dengan para sahabat, kapan terakhir kali Anda makan malam de­ngan keluarga, atau apakah pasangan mulai mengeluhkan jadwal kerja Anda yang terlalu padat? Susun kembali agenda Anda, jangan sampai karier tercapai tetapi kehidupan pri­badi berantakan.

View Comments

Janeece
Senin 13/2/2017 | 10:55
Way to use the internet to help people solve prseobml!

Submit a Comment