Tiongkok Turunkan Jabatan Petinggi untuk Hong Kong | Koran Jakarta
Koran Jakarta | August 11 2020
No Comments
LINTAS NEGARA

Tiongkok Turunkan Jabatan Petinggi untuk Hong Kong

Tiongkok Turunkan Jabatan Petinggi untuk Hong Kong

Foto : Afp / Weibo
Direktur Baru l Direktur Kantor Tiongkok untuk Urusan Hong Kong dan Makau yang baru, Xia Baolong (tengah), saat berpidato beberapa waktu lalu. Baolong menggantikan Direktur Kantor Tiongkok untuk Urusan Hong Kong dan Makau sebelumnya, Zhang Xiaoming, yang didemosi oleh Dewan Negara Tiongkok pada Kamis (13/2).
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Dewan Negara Tiongkok pada Kamis (13/2) menyatakan bahwa mereka telah menurunkan jabatan direktur di kantor yang bertanggung jawab atas urusan Hong Kong dan Makau. Penurunan jabatan itu diambil setelah terjadi aksi protes prodemokrasi selama berbulan-bulan di kota semiotonom Hong Kong.

“Zhang Xiaoming diturunkan jabatan agar kembali menjabat sebagai wakil direktur yang bertanggung jawab atas operasi harian di kantor urusan Hong Kong dan Makau. Posisi yang ditinggalkan Xiaoming akan diisi oleh pejabat senior dari Beijing bernama Xia Baolong,” demikian pernyataan Dewan Negara Tiongkok.

Kantor urusan Hong Kong dan Makau merupakan lembaga tertinggi Tiongkok yang berada di Hong Kong. Pergeseran petinggi di kantor itu dilakukan setelah terjadi kekisruhan politik di Hong Kong yang menjadi tantangan terberat bagi Beijing sejak bekas koloni Inggris itu dikembalikan ke Tiongkok pada 1997.

Sejak Juni lalu, jutaan warga Hong Kong turun ke jalan yang pada awalnya untuk memprotes RUU ekstradisi. Aksi protes ini terus berkembang dimana para demonstran menuntut kebebasan demokrasi yang lebih luas dan meminta pertanggungan jawab polisi atas kekerasan dalam menghadapi pada demonstran.   SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment