Koran Jakarta | November 22 2017
No Comments

Tiongkok Luncurkan Kapal Listrik Berkekuatan Besar

Tiongkok Luncurkan Kapal Listrik Berkekuatan Besar

Foto : China Daily/Xia Shiyan
Dua teknisi berjalan saat kapal kargo bertenaga listrik hendak diluncurkan di Guangzhou, Provinsi Guangdong, Sabtu (11/11). Kapal buatan Guangzhou Shipyard International Company Ltd diklaim sebagai kapal listrik berkekuatan besar pertama di dunia.
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Sebuah kapal kargo berkapasitas 2.000 ton yang digerakkan oleh energi listrik, dilaporkan telah diluncurkan di Guangzhou, Ibu Kota Provinsi Guangdong, Tiongkok. Media resmi setempat pada edisi Selasa (14/11), mengklaim kapal ini sebagai kapal listrik berkekuatan besar pertama di dunia.

“Kapal yang memiliki dimensi panjang mencapai 70,5 meter dengan bobot 600 ton itu dapat berlayar hingga 80 kilometer setelah baterainya diisi ulang selama dua jam,” demikian laporan People’s Daily.

Kapal listrik yang dibangun oleh Guangzhou Shipyard International Company Ltd, merupakan contoh dari sebuah terobosan teknologi terbaru karena sepenuhnya digerakkan oleh baterai litium seberat 26 ton yang mampu menghasilkan daya 2.400 kilowatt per jam atau setara dengan daya yang bisa menggerakkan 40 unit mobil bertenaga listrik.

Menurut Huang Jialin, ketua dari Hangzhou Modern Ship Design & Research Co, perusahaan yang mendesain kapal listrik ini, menyebutkan kecepatan yang ditempuh kapal listrik ini adalah 12,8 kilometer per jam dan keunggulan dari kapal tersebut adalah bebas emisi sehingga dapat digunakan mengangkut penumpang. Ant/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment