Koran Jakarta | May 22 2019
No Comments

Tiongkok Blokir Bahasa Asing di Wikipedia

Tiongkok Blokir Bahasa Asing di Wikipedia

Foto : AFP/John MACDOUGAL
Blokir Wikipedia l Seorang pengunjung Frankfurt Book Fair, Jerman, berdiri di depan logo Wikipedia beberapa waktu lalu. Tiongkok sejak bulan lalu memblokir semua bahasa asing pada ensiklopedia daring Wikipedia, sebagai bagian dari penerapan sensor di Negeri Panda ini.
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Tiongkok telah meningkatkan langkah sensor di internet dengan memblokir semua bahasa asing pada ensiklopedia daring Wikipedia. Informasi ini disampaikan kelompok bernama Open Observatory of Network Interference (OONI) pada Rabu (15/5).

“Tiongkok telah memblokir edisi Wikipedia berbahasa asing sejak bulan lalu,” kata OONI. “Sebelumnya, sebagian besar edisi Wikipedia bisa diakses,” imbuh kelompok itu. Langkah blokir terhadap Wikipedia itu bukan yang pertama kali.

Pada 2015, Tiongkok memblokir Wikipedia versi bahasa Mandarin. Menurut penjelasan salah satu pendiri Greatfire.org, laman yang menelusuri sensor daring Tiongkok, bernama samaran Charlie Smith, blokir terhadap Wikipedia berbahasa asing karena adanya alat bantuan translasi yang memudahkan pengguna dari Tiongkok untuk membaca apapun dari Wikipedia. AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment