Koran Jakarta | September 15 2019
No Comments
Perang Dagang

Tiongkok Akan Beli Produk Pertanian Amerika Serikat

Tiongkok Akan Beli Produk Pertanian Amerika Serikat

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan Tiongkok akan membeli produk produk pertanian Amerika Serikat, seperti kedelai dan daging babi. Iktikad baik Tiongkok membeli produk pertanian AS itu disampaikan setelah Presiden Trump mengumumkan akan menangguhkan tarif terhadap produk-produk Tiong­kok senilai 250 miliar dollar AS.

“Tiongkok terus menunjukkan iktikad baiknya. Tiongkok telah mengatakan komitmennya segera akan membeli produk pertanian Amerika,”kata Trump, Kamis (12/9).

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok, Gao Feng. Gao Feng mengatakan Tiongkok sedang mempertimbangkan pembe­lian produk-produk pertanian Amerika seperti daging babi dan kedelai.

Gao mengatakan Tiongkok menyambut tindakan berik­tikad baik dari pemerintahan Trump, dan Tiongkok berharap kedua pihak akan terus menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi perundingan perdagangan.

Hari Rabu (11/9), Presiden Trump mengumumkan ia menangguhkan tarif terhadap produk-produk Tiongkok se­nilai 250 miliar dollar AS yang semula berlaku pada 1 Okto­ber menjadi 15 Oktober 2019.

Penundaan tarif oleh AS itu diumumkan usai Tiongkok memutuskan untuk mengecualikan 16 produk AS dari rencana kenaikan bea masuk. Beberapa produk yang dikecualikan, antara lain obat anti-kanker, pelumas, serta bahan pakan ternak.

“Atas permintaan Perdana Menteri Liu He dan karena fakta bahwa Republik Rakyat Tiongkok akan merayakan Hari Jadi ke-70, kami sepakat atas dasar niat baik untuk menunda kenaikan tarif pada 250 miliar dollar AS pada barang-barang Tiongkok (25 persen ke 30 persen) dari 1 Oktober ke 15 Oktober,” ujar Trump dalam akun Twitter-nya, Rabu (11/9) waktu setempat.

Para deputi perdagangan Tiongkok akan bertemu dengan rekan-rekan mereka delegasi AS pada pertengahan September di Washington sebelum pertemuan tingkat menteri pada awal Oktober nanti. Mereka yang akan ter­libat dalam pertemuan awal September nanti, Wakil Per­dana Menteri China Liu He, Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer, dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin. AFP/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment