Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments

Tingkatkan Kualitas Pelatihan di Era Revolusi Industri 4.0

Tingkatkan Kualitas Pelatihan di Era Revolusi Industri 4.0

Foto : ISTIMEWA
Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono.
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Pemerintah mendorong Lembaga Pe­latihan Kerja Swasta (LPKS) di seluruh Indonesia yang ter­gabung dalam wadah Asosiasi LPKS agar meningkatkan mutu layanan dan penyelenggaraan pelatihan yang ber­kualitas. Asosiasi LPKS diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam mempersiapkan tenaga-tenaga kom­peten dan profesional yang dapat bersaing di tingkat global, khususnya pada bidang digitalisasi, otomasi, dan artificial intelligence.

“Peningkatan mutu layanan pelatihan merupakan sesuatu yang mutlak, terlebih dengan tantangan ke depan di era revo­lusi industri 4.0 saat ini,” Kata Dirjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono, pada acara Penu­tupan Rapat Koordinasi Asosiasi Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Tahun 2018 di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Satrio, perbaikan mutu keluaran lembaga pe­latihan merupakan tanggung jawab bersama antara peme­rintah, akademisi, dunia usaha dan dunia industri serta ma­syarakat.

“Kedepan pembangunan Indonesia akan berfokus pada SDM untuk mengelola infrastruktur yang sudah kita ba­ngun. Kita akan melibatkan seluruh komponen dalam men­cetak tenaga kerja andal, termasuk LPKS ini,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Dirjen Satrio berharap semua lembaga pelatihan yang ada memiliki satu presepsi, visi dan misi serta berkomitmen dalam rangka peningkatan kualitas SDM Bangsa Indonesia. YK/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment