Koran Jakarta | April 26 2019
No Comments
SUARA DAERAH

Tingkatkan Daya Saing untuk Kikis Kemiskinan di Sumut

Tingkatkan Daya Saing untuk Kikis Kemiskinan di Sumut

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk memacu kesejahteraan dan mengurangi angka kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pemerintah setempat terus gencar melaksanakan pembangunan. Supaya arah pembangunan tepat sasaran dan sesuai dengan yang dibutuhkan warga, digelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RPJMD Provinsi Sumut 2018–2023.

Dalam acara yang dibuka Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, ini segenap jajaran fokus membahas dan merencanakan aneka program prioritas yang langsung menyentuh hidup rakyat. Dengan konsep besar membangun desa menata kota, paling tidak ada lima prioritas yang diyakini akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga.

Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan jajaran Pemerintah Provinsi Sumut hingga tahun 2023 mendatang, wartawan Koran Jakarta, Agus Supriyatna berkesempatan mewawancarai Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, di Medan, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa makna penting dari Musrenbang RPJMD Provinsi Sumut?

Musrenbang RPJMD Provinsi Sumut ini merupakan momentum penting bagi pembangunan di Sumut untuk lima tahun ke depan. Melalui Musrenbang diharapkan bisa dijadikan satu dokumen RPJMD yang berkualitas sebagai penjabaran visi kami sebagai gubernur dan wakil gubernur yaitu mewujudkan Sumut yang maju, aman, dan bermartabat.

Ini yang selanjutnya akan diterjemahkan kedalam tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program prioritas pembangunan daerah. Musrenbang RPJMD ini juga merupakan wadah untuk menghimpun berbagai masukan dan saran terhadap penajaman rancangan RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2018–2023.

Kami minta seluruh pemangku kepentingan dan perangkat dapat berperan aktif serta bersungguh-sungguh dalam memberikan masukan. Dengan begitu, proses penyusunan RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2018–2023 dapat berjalan baik. Pada akhirnya dihasilkan rencana pembangunan Provinsi Sumut yang lebih berkualitas.

Ada berapa program prioritas dari pembangunan di Sumut yang hendak diwujudkan?

Tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program prioritas pembangunan daerah yakni dengan sasaran membangun desa menata kota ini harus ditempatkan sebagai upaya pencapaian visi misi kami. Kami telah menetapkan lima skala prioritas pembangunan di Sumut

Apa saja lima program skala prioritas itu?

Lima skala prioritas pembangunan Sumut akan kami arahkan pada beberapa hal. Pertama, peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan pekerjaan. Kedua, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan. Ketiga, pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan. Keempat, penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas. Kelima, peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata.

Harapan Anda sendiri sebagai pemimpin Sumut?

Ya, kami berharap melalui penetapan program prioritas pembangunan yang saya sebutkan tadi, akan meningkat daya saing Sumut. Dengan begitu, Sumut bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yang bukan saja mampu bersaing di tingkat nasional tapi juga mampu bersaing di tingkat internasional. Itu harapan saya dan Pak Gubernur. Yang tentunya ini akan kami wujudkan sekuat tenaga.

Harapan Anda kepada pemerintah pusat untuk pembangunan di Sumut bagaimana?

Ya, terwujudnya Sumut yang maju, aman, dan bermartabat tidak dapat dilakukan hanya oleh Pemerintah Provinsi Sumut sendiri. Ini kan memerlukan kerja sama bersama atau kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan tentunya dukungan serta kerja sama dengan pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kabupaten dan kota.

Sejauh mana dukungan dari pergurusn tinggi?

Tidak hanya itu, kami juga butuh dukungan dari kalangan perguruan tinggi, swasta, dan masyarakat. Jadi ada kemitraan strategis yang melibatkan semua pihak. Kemitraan strategis inilah yang akan kami jalankan lima tahun ke depan melalui pengimplementasian program-program pembangunan ke dalam berbagai kegiatan pembangunan di Sumut.

Dari sisi anggaran daerah bagaimana?

Ya, kami menyadari bahwa ketersediaan alokasi anggaran tentunya tidaklah memadai untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan pembangunan di Sumut. Oleh karena itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat atas komitmen terhadap percepatan penyelesaian proyek-proyek prioritas di Sumut.

Proyek strategis di Sumut apa saja?

Kami berharap dukungan terhadap perwujudan beberapa rencana proyek strategis, seperti pembangunan sport center bertaraf internasional yang akan dibangun pada kawasan bekas HGU perkebunan. Kami mohon dukungannya terhadap peningkatan konektivitas perkotaan kawasan Mebidangro melalui pembangunan light rail transit (LRT), pembangunan jalan akses pariwisata seperti menuju kawasan Berastagi, Danau Tiga, dan Bahorok. n

N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment